Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Selain membahayakan keselamatan, jika tetap nekat melaut hasil ikan yang didapat turun drastis, tidak sebanding dengan biaya operasional. Foto Agus Bondan
Gelombang Tinggi, Nelayan Teluk Popoh Enggan Melaut
Kamis, 09-01-2020 | 06:05 wib
Oleh : Agus Bondan
Tulungagung pojokpitu.com, Cuaca buruk yang melanda perairan selatan jawa dengan ketinggian gelombang di tengah laut mencapai 2, membuat ratusan nelayan Teluk Popoh Tulungagung enggan melaut.

Nelayan Teluk Popoh , Desa Besole , Kecamatan Besuki , Tulungagung lebih memilih menambatkan perahu dan kapalnya di dermaga Penyelenggara Pelelangan Ikan. Sambil menunggu cuaca kembali normal, sebagian nelayan memperbaiki jaring penangkap ikan yang rusak.

Ketinggian gelombang di tengah laut selatan saat ini mencapai 2 hingga 3 meter, dengan kecepatan angin 8 hingga 10 knot dari arah tenggara. Serta kecepatan arus permukaan mencapai 55 hingga 70 centimeter per detik dari arah timur .

Tingginya gelombang serta kencangnya tiupan angin membuat nelayan tidak berani mengambil resiko untuk pergi melaut menangkap ikan. Sebab dapat menyebabkan kapal dan perahu kecil dapat terbalik dihantam ombak.

"Jika ada nelayan yang tetap nekat melaut, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, hanya sejauh 3 mil atau hanya mencari ikan disekitar Teluk Popoh," kata Ripangi nelayan Teluk Popoh.
 
Akibat cuaca buruk ini berdampak terhadap merosotnya hasil tangkapan ikan. Saat ini mereka rata-rata hanya mendapatkan tangkapan ikan sebanyak 50 hingga 100 kilogram. Namun jika cuaca normal dapat menghasilkan hingga 10 kuintal. Kondisi tersebut banyak dikeluhkan para nelayan, karena hasil ikan yang di dapat tidak sebanding dengan biaya operasional menangkap ikan. 

Diperkirakan cuaca buruk ini , akan berlangsung hingga 4 hari ke depan. (pul)

Berita Terkait


Gelombang Tinggi, Nelayan Teluk Popoh Enggan Melaut

Dampak Cuaca Buruk, Puluhan Nelayan Masih Nekat Melaut

Seorang Nelayan Pamekasan Hilang Saat Berangkat Melaut

Sembilan Bulan Tidak Ada Pengerukan Kolam Labuh, Puluhan Nelayan Protes


Cuaca Ekstrim, Nelayan Pesisir Panarukan Enggan Melaut

Gelombang Tinggi, Nelayan Enggan Melaut

Cuaca Buruk, Nelayan Alih Profesi Jadi Pengrajin Miniatur Kapal

Cuaca Buruk, Nelayan Pesisir Laut Terpaksa Menepi
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber