Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Life Style 

Batik Bermotif Unik Ala Kampung Songgokerto
Rabu, 08-01-2020 | 08:16 wib
Oleh : Rafli Firmansyah
Kota Batu pojokpitu.com, Kelurahan Songgokerto memiliki cara tersendiri dalam menyambut kunjungan wisata ke Kota Batu. Salah satunya dengan mendirikan Kampung Batik, yang memiliki khas tersendiri dengan batik lainya dan diharapkan hal ini menjadi ikon baru bagi wisata di Kota Batu.

Potensi batik khas Kota Batu semakin diterima oleh wisatawan dan juga warga Kota Batu sendiri. Selain berkarakter, batik Kota Batu dikenal indah dengan harga yang sangat terjangkau sehingga menjadi idaman pecinta berkain di nusantara.

Merespon hal tersebut, Kelurahan Songgokerto bergerak cepat dengan mencanangkan diri sebagai kampung batik di Kota Batu.
Memanfaatkan Balai RW 5 yang berada tepat di belakang kantor Kelurahan Songgokerto. Hampir tiap hari ibu - ibu dari 3 dusun di Kelurahan Songgokerto belajar dan berkreasi membuat batik unik khas Songgokerto.

"Batik Kelurahan Songgokerto menggunakan tehnik shibori dan batik ciprat. Secara proses pembuatan Batik Songgokerto tidak berbeda dengan pembuatan batik pada umumnya," tutur Dian Saraswati, Lurah Songgokerto.

Namun yang membedakan, Batik Songgokerto ini memiliki motif yang unik dan khas Songgokerto Kota Batu. Mulai dari motif candi Songgoriti, motif kopi Songgoriti hingga motif paralayang.

Batik ini diharapkan menjadi ikon baru di kota Wisata Batu dan menambah ekonomi masyarakat Songgokerto.(end)

Berita Terkait


Batik Bermotif Unik Ala Kampung Songgokerto

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber