Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Cuaca Buruk, Harga Ikan Naik Akibat Stok Terbatas
Selasa, 07-01-2020 | 02:20 wib
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Cuaca buruk yang melanda perairan utara Tuban, menyebabkan minimnya pasokan ikan kepada pedagang. Akibatnya harga ikan laut segar dipasaran naik.

Di plaza ikan Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban Kota, Kabupaten Tuban, Minggu (5/1) nampak lengang. Pedagang ikan laut yang biasanya disibukkan transaksi jual-beli, terlihat sangat santai. Selain karena sepi pembeli, stok ikan segar yang diperdagangkan juga tidak terbatas.

Kondisi itu disebabkan cuaca buruk musim baratan yang melanda perairan utara Tuban. Akibatnya, para nelayan tidak banyak yang melaut, karena tingginya ombak dan kencangnya angin.

Sementara pedagang ikan tetap berjualan, sambil menunggu hasil para nelayan yang nekat melaut. Juga mendatangkan ikan dari tempat pelelangan ikan daerah lain. Seperti dari Lamongan maupun Rembang, agar tetap dapat berjualan. Meski begitu, pasokan ikan pun minim karena harus berebut dengan sesama pedagang ikan lainnya.

Minimnya pasokan ikan segar mempengaruhi harga dipasaran. Hampir seluruh jenis ikan mengalami kenaikan antara Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu perkilogramnya. Ikan kakap dan tengiri misalnya, yang sebelumnya dijual dengan harga Rp 60 ribu perkilogram, kini dijual dengan harga masing-masing Rp 75 ribu dan Rp 85 ribu perkilogramnya.

Sedangkan cumi-cumi yang sebelumnya dijual Rp 50 ribu perkilogram, kini menjadi Rp 70 ribu perkilogramnya. Selain itu, kepiting, rajungan dan udang juga naik Rp 10 ribu dibandingkan dengan harga sebelumnya.

Menurut Sulastri pedagang ikan, berharap cuaca segera membaik, sehingga aktifitas jual beli ikan kembali normal seperti sebelumnya. (pul)

Berita Terkait


Kepala Dinas Perdagangan Bojonegoro Tanggapi Kenaikan Harga Bahan Pokok

Harga Cabai di Pacitan Tembus Rp 60 Ribu

Cuaca Buruk, Harga Ikan Naik Akibat Stok Terbatas

Harga Bumbu Dapur Naik, Cabai Rp 45 Sampai Rp 50 Ribu Perkilogram


Bulan Ramadhan, Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Situbondo Naik

Menjelang Ramadhan, Harga Kebutuhan Pokok Melonjak

Harga Kebutuhan Pokok Naik Jelang Pemilu

Sejumlah Harga Kebutuhan Pokok Merangkak Naik
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber