Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Puluhan anggota TNI-Polri, Badan Penanggulangan Bencana serta relawan di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, yang terkena dampak angin putting beliung, melakukan kegiatan bersih-bersih dan perbaikan secara gotong royong. Foto: Farid Fahlevi
Anggota TNI Bersama Polri Lakukan Pembersihan dan Perbaikan Rumah Pasca Puting Beliung
Sabtu, 04-01-2020 | 14:41 wib
Oleh : Farid Fahlevi
Probolinggo pojokpitu.com, Pasca terjadinya angin putting beliung yang menerjang 6 kecamatan di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, membuat puluhan anggota TNI-Polri, Badan Penanggulangan Bencana serta relawan terus melakukan pembersihan, dan perbaikan rumah warga yang terkena dampak angin. Beberapa orang terpaksa mengungsi karena rumahnya ambruk rata dengan tanah.

Dampak terparah di Kecamatan Pajarakan dan Kecamatan Krejengan. Khusus untuk Kecamatan Krejengan, personil TNI menerjunkan 30 Personil Kodim 0820 Probolinggo. Petugas ini fokus melakukan kegiatan pembersihan pohon-pohon tumbang, hingga perbaikan rumah warga.

Menurut Kapten Khaerudin, Komandan Koramil Krejengan, karena terdampak paling marah, fokus anggota TNI di Kecamatan Krejengan. "Terdapat 60 rumah yang rusak, baik berat hingga ringan," tuturnya.

Dari data Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Probolinggo, sampai Sabtu (4/1) siang, sudah 6 kecamatan yang terkena dampak angin putting beliung, dengan total mencapai 2 ratus lebih.

Sementara itu, pasangan suami istri, Heru Sarto dan Arni, warga Desa Sentong Kecamatan Krejengan Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, kini harus tinggal di tenda pengungsian, yang dibangun di belakang rumah kerabatnya.

Hal itu terjadi setelah rumah semi permanen milik pasutri lansia ini rata dengan tanah pasca diterjang angin kencang, pada Jumat (3/1) malam. Beruntung sebelum kejadian  keduanya keluar rumah sehingga nyawanya tertolong.

Heru berharap, pemerintah segera turun tangan kembali membangun kembali rumahnya yang roboh, harta benda dan perabotan rumah hancur. Hanya sejumlah pakaian yang bisa diselamatkan oleh korban.  "Rencananya, kita akan tinggal di tenda pengungsian hingga rumah berdinding kayu itu dibangun kembali," kata Heru.

BPBD setempat, sampai saat ini telah menyalurkan bantuan berupa makanan cepat saji, obat-obatan, selimut dan telah menyiapkan terpal jika ada warga membutuhkan. (yos)

Berita Terkait


Diterjang Puting Beliung Atap Terbang 25 Meter

Pemkab Ngawi Akan Beri Bantuan Logistik Korban Puting Beliung

Petugas Puskesmas Periksa Kesehatan Korban Puting Beliung

Diterjang Puting Beliung, 8 Rumah Rusak, 1 Roboh Rata Dengan Tanah


Bangunan Aula Roboh Diterjang Puting Beliung

Angin Puting Beliung Terjang Puluhan Rumah Warga

Puting Beliung Terjang Blitar, Puluhan Rumah Rusak dan 3 Roboh

7 Rumah di Medokan Semampir Rusak Akibat Terjangan Angin Puting Beliung
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber