Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Menyambut natal dan tahun baru 2020 Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) yang ada di Jalan Adityiawarman Jombang, memiliki pohon natal unik. Foto: Saiful Mualimin
Manfaatkan Limbah Daun Jagung Jadi Pohon Natal
Selasa, 24-12-2019 | 04:10 wib
Oleh : Saiful Mualimin
Jombang pojokpitu.com, Sebuah gereja di Jombang menggunakan pohon natal unik dengan memanfaatkan limbah bahan pertanian. Susunan daun pohon jagung ini tampak indah menjulang tinggi di depan gereja. Selain lebih hemat, penggunaan limbah pertanian ini sebagai bentuk kampanye gerakan cinta lingkungan.

Pembuatan pohon natal dari limbah daun jagung ini dibuat sejak dua minggu kemarin. Dengan mendatangkan satu pic up limbah daun jagung, sejumlah jemaat gereja menyusunnya menjadi pohon natal. Di tengah susunan pohon ini di terdapat buah jagung yang sudah mengering sebagai simbol kemakmuran.

Dwi Sabda Irawati, salah satu panitia natal asal gereja ini mengatakan, pembuatan natal dari limbah pertanian sengaja dilakukan untuk mengkampanyekan gerakan go green.

"Selain lebih murah, pembuatan natal ini juga tidak menimbulkan sampah plastik yang sulit proses penguraiannya. Sekaligus untuk menambah kepedulian bersama  pada pengelolaan limbah," kata Dwi Sabda Irawati.

Natal dan tahun 2020 ini jemaat gereja Kristen mengambil tema hiduplah sebagai sahabat bagi semua orang.  Mereka ingin bisa memanfaatkan barang tidak bermanfaat seperti limbah menjadi lebih berguna dan bernilai. (yos)

Berita Terkait


Natal Konsep Alam Bawah Laut, Ajak Lestarikan Alam Tanpa Sampah

Manfaatkan Limbah Daun Jagung Jadi Pohon Natal

Jelang Natal Permintaan Salib Meningkat

Penjualan Pernak-Pernik Natal Masih Stabil

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber