Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Disperindag Jatim Pastikan Harga Komoditas Pangan Stabil Jelang Natal dan Tahun Baru
Sabtu, 21-12-2019 | 11:25 wib
Oleh : Bagus Setiawan
Surabaya pojokpitu.com, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, bersama Disperindag Kota Surabaya serta Satgas Pangan Polda Jatim dan Dinas BPOM, Sabtu (21/12) pagi menggelar sidak di sejumlah pasar tradisional di kota surabaya. Sidak di dua pasar, Tambah Rejo dan Pasar Genteng Baru ini dilakukan untuk memastikan stabilitas harga pangan jelang natal dan tahun baru 2020.

Kepala Disperindag Propinsi Jatim bersama sejumlah petugas memantau langsung, Harga Eceran Tertinggi (HET) sejumlah komoditas pasar, seperti telur, minyak curah, beras, cabe, bawang serta daging ayam dan daging sapi.

Untuk harga beras, gula, dan minyak curah masih stabil. Justru daging ayam di Pasar Tradisional Tambah Rejo, Tambaksari Surabaya, malah terjadi penurunan harga, dari harga eceran tertinggi Rp 34 ribu perkilogrmnya, namun di pasar ini, harganya Rp 31 ribu sampai Rp 32 ribu perkilogramnya.

Selain itu, harga cabe juga mengalami penurunan dari harga Rp 30 ribu menjadi Rp 26 ribu sampai Rp 28 ribu perkilogramnya.

Menurut, Drajat Irawan, Kadisperindag Jawa Timur, harga telur masih terjadi kenaikan, dari harga eceran tertinggi Rp 23 ribu, tetapi dijual dengan harga Rp 23.500 hingga Rp 24 ribu perkilogramnya. Kenaikan harga ini dipicu karena banyaknya permintaan masyarakat.

"Sidak yang dilakukan di dua pasar tradisional ini, tujuannya untuk memastikan stabilitas harga pangan jelang natal dan tahun baru 2020," kata  Drajat Irawan.

Sementara, hingga tahun baru 2020 petugas gabungan akan terus memantau harga pangan di sejumlah pasar tradsional. Bahkan Disperindag Jawa Timur, akan menggelar pasar murah di setiap pasar, guna mengantisipasi melonjaknya harga komoditas pangan jelang natal dan tahun baru tersebut. (yos)




Berita Terkait


Kepala Dinas Perdagangan Bojonegoro Tanggapi Kenaikan Harga Bahan Pokok

Harga Cabai di Pacitan Tembus Rp 60 Ribu

Cuaca Buruk, Harga Ikan Naik Akibat Stok Terbatas

Harga Bumbu Dapur Naik, Cabai Rp 45 Sampai Rp 50 Ribu Perkilogram


Bulan Ramadhan, Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Situbondo Naik

Menjelang Ramadhan, Harga Kebutuhan Pokok Melonjak

Harga Kebutuhan Pokok Naik Jelang Pemilu

Sejumlah Harga Kebutuhan Pokok Merangkak Naik
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber