Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Bupati Trenggalek Bersama Forkopimda Sidak Harga Kebutuhan Pokok Jelang Nataru
Kamis, 19-12-2019 | 17:10 wib
Oleh : Simon Bagus,Mochammad Herlambang
Trenggalek pojokpitu.com, Harga kebutuhan pokok di Kabupaten Trenggalek, mengalami sedikit kenaikan menjelang natal dan tahun baru 2020. Para pedagang pasar menganggap kenaikan harga masih dalam batas wajar.

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, bersama forkominda menggelar sidak di Pasar Basah Trenggalek. Untuk harga bahan pokok rata-rata mengalami kenaikan. Seperti bawang merah,telur,cabe rawit juga mengalami peningkatan.

Ketika sidak, Bupati Trenggalek juga menanyai para pedagang,setelah ditanya ternyata memang rata-rata harga dari distributor sudah tinggi. Sedangkan untuk barang dari petani,karena kemarin musim kemarau panjang harga menjadi mahal.

Penyebabnya karena petani yang sebelumnya untuk irigasi, air tidak beli,sekarang harus memakai pompa dan sebagainya. Untuk harga daging masih normal semua, harga bahan pokok yang naik kebanyakan adalah bumbu-bumbu dapur,namun kenaikan masih wajar.

Dikatakan Arifin, untuk mencari tahu pasti penyebab harga bahan pokok yang naik, pihaknya telah menyiapkan tim satgas pangan gabungan. "Tim itu akan mendatangi distributor-distributor di trenggalek untuk menanyakan penyebab pasti kenaikan harga," kata Mochammad Nur Arifin.

Tim akan mengecek ke distributor, karena dia yang jadi rantai awal pasokan.apakah didistributor memang ada kendala distribusi atau indikasi penimbunan. Bila ditemukan adanya indikasi penimbunan, pihaknya akan menyerahkan hasil temuan ke Polres Trenggalek.

Seperti yang dikatakan Kapolres Trenggalek, AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, pihaknya sampai saat ini, khusunya tim satgas pangan masih bekerja.maka dari itu dilaksanakan sidak pasar untuk melihat langsung ke lapangan.

"Sampai saat ini belum ada temuan penimbunan, tetapi tim masih terus mencari untuk mengantisipasi lonjakan. Apabila ditemukan penimbunan,maka akan dilanjut ke ranah hukum," kata AKBP Jean Calvijn Simanjuntak.

Sementara salah satu pedagang pasar, Fitri Fatmawati, mengatakan, kenaikan bahan pokok terjadi sekitar tiga hari terakhir. Bawang merah sebelumnya Rp 28.000 menjadi Rp 32.000, cabai rawit juga naik dari Rp 32.000 menjadi Rp 36.000.

Lalu untuk cabai keriting, tomat dan telur juga naik kisaran Rp 2000 hingga Rp 4000 per kilogram. Fitri mengira, kenaikan harga bukan karena menjelang natal dan tahun baru.

Namun karena pergantian musim yang membuat panen buruk, Fitri mendapat suplai paling banyak dari malang.kenaikan harga yang tak terlalu signifikan itu justru membuat penjualannya rata-rata meningkat. (yos)

Berita Terkait


Bupati Trenggalek Bersama Forkopimda Sidak Harga Kebutuhan Pokok Jelang Nataru

Panglima TNI dan Kapolri Beri Arahan Jelang Nataru

Jelang Nataru, Polres Bojonegoro Sidak Pos Pengamanan

Jelang Nataru, Polres Gelar Latian Operasi Lilin Semeru 2017


Jelang Nataru, Harga Bahan Pokok Merangkak Naik di Pacitan

Panglima TNI dan Kapolri Beri Arahan Jelang Nataru

Antisipasi Pengguna Sabu Jelang Nataru Sopir Bus Dites Urine di Terminal Bunder

Jelang Nataru, Polisi dan Dishub Lakukan Tes Kesehatan Sopir
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber