Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pilkada 

Suara Pemuda Dalam Pemilukada 2020 Jatim Diprediksi Meningkat
Selasa, 17-12-2019 | 18:36 wib
Oleh : Atiqoh Hasan
Surabaya pojokpitu.com, Partisipasi suara pemuda dalam pemilihan kepala daerah yang digelar serentak di Jatim tahun depan diprediksi meningkat. Ini lantaran pemuda sekarang mulai melek politik, meski tak dipungkiri praktik transaksional masih akan tetap terjadi di sejumlah daerah.

Hal tersebut disampaikan peneliti utama kepakaran LIPI di bidang politik dan pemerintahan Balitbang Jatim, Irtanto, pada seminar dialog terbuka alumni dan mahasiswa FISIP UWKS dalam menyongsong Pemilukada Serentak tahun 2020 di Jatim, Selasa siang.

Irtanto menilai, peningkatan suara pemuda dalam kontestasi politik Pemilukada Jatim diperkirakan meningkat 20-30 persen, atau mencapai 80 persen angka partisipasi. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang ia lakukan, melihat pemuda mulai aware terhadap politik, lantaran adanya transparansi dan akuntabilitas kinerja pemerintah daerah. Seperti di Surabaya, pemilih pemuda cenderung memberikan suara secara rasional, melihat kinerja bacawali yang ada.

Pun begitu, politik transaksional di sejumlah daerah yang memiliki tingkat kedewasaan politik , serta tingkat pendidikan dan ekonomi rendah, masih akan terjadi.(end)

Berita Terkait


Suara Pemuda Dalam Pemilukada 2020 Jatim Diprediksi Meningkat


Kantor Tak Layak, Tahapan Pemilukada Sering Di Hotel

Jelang Pemilukada, Baliho Bakal Calon Bupati Trenggalek Menjamur

Anggaran Belum Cair, Pemilukada Terancam Terganggu

DP4 Pemilih Dalam Pemilukada Ditentukan Kemendagri
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber