Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pilkada 

Lima Kades Absen, Pemerintah Agendakan Pelantikan Susulan
Selasa, 17-12-2019 | 16:25 wib
Oleh : Unggul Dwi Cahyono, Muhammad Zainurofi
Kediri pojokpitu.com, Ratusan kepala desa baru di Kediri resmi dilantik Selasa (17/12)siang, kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah atau janji kepala desa terpilih ini berlangsung di convention hall simpang lima gumul.

Dalam prosesi pelantikan ini terdapat 249 kades dari 24 kecamatan. Usai dilantik, bupati berharap para kades mampu meningkatkan potensi-potensi yang dimiliki oleh desa, terutama potensi disektor pariwisata.

Dalam pelantikan ini para kepala desa baru disumpah jabatan yang disaksikan oleh rohaniawan. Berikutnya penanda tanganan berita acara dan penyematan tanda kades, seluruh proses ini dilakukan satu persatu, tanpa ada simbolis.

Dalam kata sambutannya, Bupati Kediri, dr. Hj. Haryanti Sutrisno, mengatakan , pemerintah dibawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo. telah berupaya memajukan desa.

"Pemerintah banyak menggerojok anggaran untuk pembangunan dari tingkat desa, sebagai pemerintahan paling bawah. tiap-tiap desa di Indonesia mendapatkan bantuan dana desa yang jumlahnya besar," kata dr. Hj. Haryanti Sutrisno.

Anggaran pendapatan dan belanja daerah pemerintah dikurangi untuk dialokasikan pada desa. Sementara itu, dalam beberapa tahun berjalan ini, ada desa yang survive dalam mengelola dana desa.

"Bahkan banyak destinasi wisata baru yang memberikan potensi ekonomi bagi masyarakatnya. Tak hanya itu, pemerintahan desa juga turut mendapatkan manfaatnya," imbuhnya.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa, D.  Sampurno mengatakan, terdapat 254 desa yang menjalankan Pilkades,  dari 254 kades tersebut hanya 249 yang dilantik, pasalnya Kades Banjarejo dan Kades Plemahan, masa jabatan habis pada tanggal 31 nanti. Sementara Kades  Nambaan dan Kades Jambean sedang menjalankan ibadah umroh.  Sementara untuk Kades Turus meninggal dunia, sehingga akan dilaksanakan pilkades ulang.

Usai dilantik, seperti harapan bupati, kades dapat meningkatkan dan mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki oleh desa, terutama potensi disektor pariwisata.  Dengan banyak digelontorkan ADD dan DD, diharapkan, para kades dapat mengentaskan kemiskinan.

Pemerintah berharap seluruhe kades terrlantik  dapat nganan baik. Bupati mengingatkan, bahwa jabatan kades, camat maupun bupati tidak akan langgeng.

Oleh karena itu, dirinya mengajak seluruh aparatur pemerintah, khususnya kades dapat berhati-hati dalam melaksanakan amanah serta membantu masyarakat. (yos)

Berita Terkait


Lima Kades Absen, Pemerintah Agendakan Pelantikan Susulan

Penggali Kubur Dilantik Menjadi Kepala Desa

Meskipun Ada Desa Bermasalah, Bupati Lantik 57 Kades Terpilih

Hendak Dilantik, Kades Lemper Pademawu Berurusan Dengan Polisi

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber