Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Dispensasi Nikah Mencapai Ratusan Sejak 2 Bulan Terakhir
Minggu, 15-12-2019 | 00:17 wib
Oleh : Rizqi Setiawan
Bondowoso pojokpitu.com, Sejak 2 bulan terakhir, angka pengajuan dispensasi nikah di Bondowoso terus mengalami peningkatan. Lebih dari 100 pemohon ini masuk pengadilan agama setelah disahkannya revisi undang-undang nomor 1 tahun 1974 tentang perkawinan.

Revisi undang-undang nomor 1 tahun 1974 tentang perkawinan telah disahkan DPR RI, dengan batas usia minimal perkawinan kini menjadi 19 tahun untuk laki-laki maupun perempuan. Sebelumnya batas minimal menikah 19 tahun untuk laki-laki dan 16 tahun untuk perempuan.

Di Pengadilan Agama Bondowoso, peningktan mulai terjadi sejak 2 bulan terakhir. Angka pegajuan mencapai 120 pasangan yang kebanyakan diajukan oleh pasangan perempuan. Karena kebanyakan perempuan di Bondowoso menikah degan rata-rata umur 16 hingga 18 tahun.

Menurut Aminuddin, Ketua Pengadilan Agama Bondowoso, dikonfirmasi saat pengesahan kantor baru PA Bondowoso. Sebelumnya pengadilan agama telah menerima informasi dan mensosialisasikan pengesahan undang-undang perkawinan, yang mengatur ulang batas usia menikah baik laki-laki dan perempuan menjadi 19 tahun.

Selain sosialisasi peraturan, langkah ini juga diamabil untuk meminimalisir pernikahan dini. Selain dispensasi nikah, angka peceraian sejak 2019 juga meningkat, yang rata-rata disebabkan oleh persoalan ekonomi.

Kepada masyarakat jika akan ada salah satu pasangan menikah dibawah umur 19 tahun, maka  keduanya harus mengurus dispen ke pengadilan agama setampat. (yos)

Berita Terkait


Dispensasi Nikah Mencapai Ratusan Sejak 2 Bulan Terakhir

80 Persen Dispensasi Nikah Dikabulkan PA Karena Hamil Duluan

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber