Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pendidikan 

Mendikbud Hapus UN 2021, Dinas Pendidikan Jatim Tak Masalah
Kamis, 12-12-2019 | 18:36 wib
Oleh : Fakhrurrozi
Surabaya pojokpitu.com, Kebijakan Menteri Pendidikan Nadiem Makarim, yang akan menghapus ujian nasional pada tahun 2021, mendapat respon dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

Dispendik Jatim menyatakan tidak masalah jika kebijakan tersebut diterapkan di Jawa Timur, lantaran SMA dan SMK di Jawa Timur sudah siap jika  ujian nasional dihapus pada tahun 2021 mendatang.

Kesiapan Jawa Timur atas rencana menteri pendidikan dan kebudayaan nadiem makarim yang akan menjalankan program merdeka belajar dengan menghapus ujian nasional, diungkapkan Plt Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Hudiono, di kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

Hudiono menjelaskan penghapusan ujian nasional yang akan dilakukan oleh Kemendikbud, tidak akan menjadi permasalahan saat di implementasikan di Jawa Timur.

"Hal ini dikarenakan , saat ini dinas pendidikan provinsi jawa timur telah menjalankan penilaian siswa ditingkat SMA dan SMK, berdasarkan kompetensi dan literasi siswa," kata Hudiono.

Para guru di Jawa Timur saat ini telah memiliki alat ukur melalui assesment terhadap siswa. Oleh karenanya , Hudiono menyatakan tinggal menjalankan saja kebijakan mendikbud tersebut .

Terkait penilaian kelulusan, Hudiono mengungkapkan, bila  kelulusan siswa nantinya yang menentukan adalah pihak sekolah, sesuai dengan standart yang diberikan oleh kementerian dan kebudayaan.

Namun seperti apa petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis tentang kebijakan penghapusan ujian nasional, saat ini Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur masih belum mendapatkan juklak dan juknis tersebut. (yos)

Berita Terkait


PGRI Pamekasan Dukung Wacana Nadiem Menghapus UN

Kebijakan Nadiem Makarim Dinilai Menjadi Momentum Untuk Meningkatkan Pendidikan

Mendikbud Hapus UN 2021, Dinas Pendidikan Jatim Tak Masalah

Dewan Surabaya: UN Dihapus, Kebijakan Brilian


Warga Sudah Bayar Lunas Tidak Dapat Sertifikat Atas Rumah Mereka

Multi Event Dispora Tunas Petra Cup 2019

Untuk Munas Desember, DPD Golkar Jatim Putuskan Dukung Airlangga Hartarto Jadi Ketua Umum

Lunasi Hutang, Suami Jual Istri Untuk Layani Seks Pria Hidung Belang
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber