Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Life Style 

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Dengan Cara Alami
Kamis, 12-12-2019 | 00:15 wib
Oleh :
pojokpitu.com, Selain istirahat dan banyak minum, ada cara alami lainnya yang bisa Anda lakukan untuk meredakan radang tenggorokan:

1. Berkumur dengan air garam

Ambil setengah gelas air hangat lalu campurkan dengan setengah sendok makan garam. Berkumurlah dengan air garam ini beberapa kali dalam sehari.

"Garam yang ada di larutan tersebut berfungsi menarik air sehingga kotoran maupun kuman yang ada di tenggorokan akan tersapu oleh air tersebut," ujar dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter.

"Larutan garam yang hangat ini juga berfungsi mengencerkan dahak dan akan mengeluarkannya bersamaan dengan kotoran yang menempel tersebut. Salah satu penelitian bahkan membuktikan bahwa berkumur dengan air garam secara rutin mampu mencegah radang tenggorokan di kemudian hari," sambungnya.

2. Minum air hangat yang dicampur madu

Air hangat yang dicampur madu juga efektif membantu meredakan radang tenggorokan. Berdasarkan penelitian, madu terbukti efektif untuk meredakan proses peradangan dan membantu menekan batuk, terutama yang terjadi di malam hari. Pastikan madu yang dipakai adalah madu asli, bukan yang pakai pemanis buatan.

3. Hindari bahan-bahan iritan
"Selama proses penyembuhan, sebisa mungkin hindari paparan asap rokok, asap kendaraan, debu, dan iritan lainnya. Hentikan merokok dan usahakan untuk mengenakan masker ketika beraktivitas di luar ruangan atau area berdebu," jelas dr. Dyan Mega.

Radang tenggorokan memang sangat mengganggu. Oleh karena itu, segera atasi dengan tepat berdasarkan penyebabnya. Jika radang belum sembuh juga, periksakan diri ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.(FR/RPA/klikdokter)

Berita Terkait


Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Dengan Cara Alami

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber