Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Terjunkan Tim Peneliti Periksa Kondisi Bawah Situs Sumberbeji
Rabu, 11-12-2019 | 06:15 wib
Oleh : Saiful Mualimin
Jombang pojokpitu.com, Para tim ahli dari Universitas Pertamina dan ITS Surabaya mulai meneliti situs Sumberbeji di Desa Kesamben Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang.

Melalui tim ahli geofisika dari universitas terkemuka ini, BPCB berharap akan mendapatkan petunjuk mengenai kedalaman dan luas area situs sumberbeji yang masih tersembunyi dan perlu dieskavasi tahun depan.

Dalam penelitian ini tim menggunakan survey geomagnetik untuk mengetahui luas atau sebaran reruntuhan bangunannya. Selain itu, mereka juga melakukan survey yang lebih spesifik dengan metode geo radar.

Dr Amin Widodo salah satu peneliti mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk mengetahui keberadaan struktur bangunan situs yang masih terpendam di bawah tanah. "Tim dari ITS juga melakukan survey geolistrik guna melihat sifat kelistrikan dari bebatuan yang ada di area situs," kata Amin Widodo.

Melalui geolistrik, diharapkan tim akan mengetahui jenis tanah dan bebatuan yang selama ini mengubur area situs, apakah benar karena aliran lahar dingin gunung berapi atau karena sebab lain.

Hasil penelitian ini akan menjadi salah satu acuan tim BPCP dalam proses ekskavasi lanjutan yang akan dilakukan tahun depan. (yos)

Berita Terkait


Terjunkan Tim Peneliti Periksa Kondisi Bawah Situs Sumberbeji

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber