Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Dampak Kekeringan Panjang, Pertumbuhan Ekonomi Mengalami Penurunan
Rabu, 11-12-2019 | 04:09 wib
Oleh : Ayul Anhdim
Surabaya pojokpitu.com, Pertumbuhan ekonomi di Jatim mengalami penurunan di pada triwulan ketiga 5.32 persen dari target pertumbuhan ekonomi di jatim priode 2019 -2024 yang mematok 5.67 persen.

Namun pertumbuhan ekonomi Jatim ini masih tinggi di atas rata-rata nasional, saat ini pemerintah berusaha menggenjot pertumbuhan ekonomi di Jatim.  Namun yang menjadi fokus pemerintah saat ini mengatasi serapan anggaran dan memperbaiki birokrasi di pemerintah agar tahun 2020 bisa lari kencang.

Target Pemerintah Jawa Timur dalam RPJMD tahun 2019 -2024 pertumbuhan ekonomi di jatim mencapai 5.67 persen, namun target tersebut tidak sesuai harapan untuk triwulan ketiga akhir tahun ini pertumbuhan ekonomi di jatim mencapai 5.32 persen mengalami penurunan.

Emil Elestianto Dardak, Wakil Gubernur Jatim, menerangkan, banyak faktor penyebab menurunya pertumbuhan ekonomi di Jatim, diantaranya akibat kemarau atau kekeringan  yang pajang di Jatim.

"Sehingga berdampak para sektor pertanian , sektor pertanian sendiri menyumbang 12 persen pertumbuhan ekonomi dijatim,namun pemerintah optimis pertumbuhan ekonomi akan naik karena sudah mendekati musim penghujan," kata Emil Elistianto Dardak.

Pemerintah sendiri tidak mempersoalkan dengan penurunan ekonomi di Jatim, karena pertumbuhan eknomi Jatim masih di atas rata-rata nasional.

Pemerintah saat ini lebih fokus pada penyelsaian penyerapan anggaran dan memperbaiki regulasi di pemerintahan agar di tahun 2020 bisa lari kencang. (yos)

Berita Terkait


Dampak Kekeringan Panjang, Pertumbuhan Ekonomi Mengalami Penurunan

Pertumbuhan Ekonomi Jatim Naik 5,5 Persen

Pertumbuhan Ekonomi Jatim Turun Jadi 5,03 Persen

Presiden Minta Pertumbuhan Ekonomi 2018 di Angka 6,1 Persen


Pembangunan Infrastruktur Dukung Pertumbuhan Ekonomi Jatim

Pertumbuhan Ekonomi Jatim Terganggu Akibat Dollar Naik

Pertumbuhan Ekonomi Jatim Naik 5,5 Persen

Pertumbuhan Ekonomi Jatim Turun Jadi 5,03 Persen
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber