Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pendidikan 

Sistem Tracking Lulusan, SMKN 6 Surabaya Kurangi Angka Pengangguran
Selasa, 10-12-2019 | 19:06 wib
Oleh : Atiqoh Hasan
Surabaya pojokpitu.com, Beragam cara dilakukan pihak sekolah untuk mengurangi angka pengangguran. Salah satunya dengan aktif memantau lulusan melalui jejaring sosial dan menghubungkan dengan dunia industri.

Hal itulah yang dilakukan oleh SMK Negeri 6 Surabaya, dalam mengurangi angka pengangguran bagi lulusannya. Pihak sekolah menciptakan bursa kerja khusus (BKK) yang fungsinya memantau lulusan melalui jejaring sosial sebagai sarana komunikasi.

Melalui jejaring sosial, SMK Negeri 6 Surabaya mendata pekerjaan lulusan, sehingga tak sampai menganggur pasca lulus. Dengan sistem demikian, pihak sekolah mengklaim sebanyak 75 persen lulusan setiap tahunnya diterima kerja di industri, baik pariwisata, perhotelan, hingga kuliner. Ini diungkapkan Bahrun, Kepala SMKN 6 Surabaya.

Bahrun mengakui, dengan sistem tracking media sosial, dirinya bisa membantu dunia industri untuk merekrut lulusannya yang siap bekerja. Tak hanya bagi industri dalam negeri, tetapi juga luar negeri, seperti Timur Tengah, Abu Dhabi, hingga Eropa. Dengan sistem yang sama, lulusannya sekaligus membuka jalan bagi adik tingkatnya agar bisa lebih mudah diterima di industri.

Sistem tracking sekaligus mengantarkan SMK Negeri 6 Surabaya meraih juara 1 pada ajang BKK Award di tingkat Jawa Timur, pada awal Desember ini.(end)



Berita Terkait


Sistem Tracking Lulusan, SMKN 6 Surabaya Kurangi Angka Pengangguran

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber