Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Politik 

Ketua MUI Kota Madiun, Muhammad Sutoyo
Kemenag Madiun Siapkan Auditor Halal Dengan Jiwa Anti Korupsi
Selasa, 10-12-2019 | 06:14 wib
Oleh : Ega Patria
Madiun pojokpitu.com, Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Kementerian Agama (Kemenag) Kota Madiun mulai menyiapkan auditor halal. Hal tersebut menindaklanjuti instruksi pemerintah, yang mewajibkan semua produk makanan dan minuman memiliki sertifikasi halal mulai 17 Oktober 2019.

Hal itu terungkap saat dewan pimpinan MUI Kota Madiun menggelar rapat kerja tahunan di balaikota. Melalui Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Kementerian Agama (Kemenag) mulai menyiapkan auditor halal.

Ketua MUI Kota Madiun, Muhammad Sutoyo mengatakan, idealnya suatu daerah memiliki auditor halal. Diantaranya dokter hewan, ahli kosmetik, ahli biologi termasuk ahli gizi. "Saat ini kami hanya memiliki dokter hewan, untuk kebutuhan itu kami mengirimkan orang untuk dilatih menjadi auditor halal," kata Muhammad Sutoyo

Sementara itu Kepala Kemenag Kota Madiun,Ahmad Munir menyatakan, sertifikasi halal penting agar produk yang dikonsumsi maupun yang digunakan masyarakat, aman. Jika tidak bisa membahayakan dari sisi kesehatan dan berpengaruh terhadap ibadahnya.

"Sampai saat ini kami masih menunggu mekanisme yang mengatur secara teknis. Sebab, sertifikasi tersebut bersifat mandatory karena sudah diatur dalam UU dan dilakukan oleh negara melalui Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH)," kata Ahmad Munir

Meski begitu, MUI masih tetap memiliki kewenangan dalam menentukan apakah suatu produk halal atau tidak. Kemudian, MUI juga memiliki kewenangan untuk mengeluarkan sertifikasi bagi auditor halal. Dengan begitu, fatwa kehalalan masih menjadi kewenangan MUI. (pul)

Berita Terkait


Kemenag Madiun Siapkan Auditor Halal Dengan Jiwa Anti Korupsi

Kejari Kota Madiun Gelar Lomba Pidato dan Puisi

Rayakan Hari Anti Korupsi Sedunia, Jaksa Bagi Stiker dan Boneka Tikus

PMII Gelar Demo ke Kantor Kejaksaan di Hari Anti Korupsi se Dunia


Kurikulum Pendidikan Anti Korupsi di Jenjang SMA-SMK

Aktivis Perempuan Anti Korupsi Surati Jokowi Agar Keluarkan Perppu KPK

Aliansi Masyarakat Anti Korupsi Tolak Pengesahan RUU KPK

Solidaritas Koalisi Anti Korupsi Tolak Revisi UU KPK
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber