Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Kesehatan 

Pentingnya Penanganan Kasus Gawat Kardiovaskular, Petugas Medis Ikuti Pelatihan ACLS
Minggu, 08-12-2019 | 08:15 wib
Oleh : Bagus Setiawan
Surabaya pojokpitu.com, Penyakit jantung dan pembuluh darah merupakan penyebab kematian utama di dunia maupun di Indonesia. Penyebab langsung kematian pada umumnya, yaitu henti jantung, syok atau gagal jantung yang disebabkan oleh sindrom koroner akut. Karena itu, penting bagi paramedis untuk pengetahuan dan ketrampilan tentang penanganan kasus - kasus gawat darurat kardiovaskuler.

Kejadian henti jantung atau cardiac arrest merupakan penyebab kematian terbesar pada penderita dewasa yang menderita penyakit jantung koroner. Data organisasi kesehatan dunia, WHO tahun 2015 menyebut lebih dari 17 juta orang di dunia meninggal akibat penyakit jantung dan pembuluh darah.

Sekitar 31 persen dari seluruh kematian di dunia sebagian besar atau sekitar 8,7 juta disebabkan oleh penyakit jantung koroner. Sementara, Biro Komunikasi dan Pelayanan Kementrian Kesehatan RI dalam rilis pada 10 November 2018 menyebutkan, di Indonesia sebesar 1,5 persen atau 15 dari 1000 penduduk Indonesia menderita penyakit jantung koroner.

"Penting bagi tenaga medis dan paramedis didorong menguasai advance cardiac life support (ACLS) atau pelatihan bantuan hidup lanjut. Hal ini juga selaras dengan salah satu layanan unggulan di RS Siti Khodijah Muhammadiyah Sepanjang yaitu Heart care Sehingga bersama Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia ( PERKI ) menggelar pelatihan ACLS," tutur Dr. dr. H. Muhammad Hamdan Sp. S. K, Direktur Rs Siti Khodijah Muhammadiyah Cabang Sepanjang

Dengan peserta sebanyak 42 orang, pelatihan ini diperuntukkan bagi dokter umum, dokter spesialis jantung atau spesialis lainnya yang bekerja dibangsal atau ruang rawat inap, IGD, ICU dan cardiovascular unit.

Pada pelatihan ini, juga diajarkan praktik langsung oleh peserta, melakukan tindakan awal bagi orang yang terkena serangan jantung. Diharapkan pelatihan ini dapat meningkatkan ketrampilan tenaga medis maupun paramedis dalam penanganan pasien henti jantung dan keadaan sebelum henti jantung.(end)


Berita Terkait


Pentingnya Penanganan Kasus Gawat Kardiovaskular, Petugas Medis Ikuti Pelatihan ACLS

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber