Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Kemarau Berkepanjangan Warga Desa di Probolinggo Alami Krisis Air Bersih
Minggu, 08-12-2019 | 03:09 wib
Oleh : Farid Fahlevi
Probolinggo pojokpitu.com, Kemarau berkepanjangan membuat warga desa di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, mengalami krisis air bersih, karena sumber mata air dan sumur mengering.

Untuk mendapatkan air bersih, warga harus rela mengambil air di desa tetangga. Ironisnya lagi, warga harus menunggu suplai air bersih dari badan penanggulangan setempat selama seharian penuh.

Sejak 3 bulan terakhir, warga Desa Sindet Anyar Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, mengalami krisis air bersih. Sumur dan sumber mata air mengering sehingga warga harus mencari sumber air ke desa lain.

Kebanyakan warga di desa sindet anyar memilih berjalan kaki sepanjang berkilo-kilo meter untuk mendapatkan air, yakni ke sungai pancar glagas di wilayah Pakuniran.

Kemarau yang berkepanjangan, membuat warga berharap adanya bantuan dari pihak pemerintah, entah itu dari pemerintah desa ataupun dari pihak pemerintah kabupaten untuk mengurangi kesulitan air bersih.

Yang terjadi, warga harus rela menuggu seharian penuh dengan harapan ada mobil yang mengirim air bersih ke desanya, dengan menaruh berbagai alat menampung air, mulai dari ember, timba, hingga alat memasak lainnya.

Menurut Marhumah, warga setempat, untuk mencari air bersih, dia dan ibu-ibu lain harus rela mencari ke desa tetangga, itupun jaraknya bisa mencapai lebih dari 1 kilo meter.

Untung saja, bantuan air bersih sebanyak 5000 liter digelontorkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo. Begitu truk tangki datang, warga langsung menyemut untuk mengambil air.

Sementara itu menurut Mohamad Suud, Kepala Desa Sindet Anyar, di desanya sekitar seratus dua puluh lima kepala keluarga mengalami krisis air bersih. "Dalam sehari, kita butuh sedikitnya 50 litet air untuk kebutuhan memasak, minum dan minum ternak," kata Suud.

BPBD berencana melakukan bantuan air bersih lebih rutin ke pemukiman yang krisis air bersih. Diperkirakan, krisis air bersih masih akan berlangsung mengingat di wilayah Probolinggo belum semua wilayah diguuyur hujan. (yos)

Berita Terkait


Tim Gabungan Revitalisasi Saluran Air di Puncu

Kemarau Berkepanjangan Warga Desa di Probolinggo Alami Krisis Air Bersih

Inovasi Pipa U Bebaskan Desa Suger Lor Dari Krisis Air

Atasi Krisis, Mobil Dinas Polsek Untuk Droping Air Bersih


Krisis Air Bersih Meluas, BNPB Turun Ke Lapangan

Kemarau Panjang, Empat Kecamatan di Blitar Krisis Air Bersih

Krisis Air Bersih, Warga Gunakan Air Sungai

Kekeringan, 5 Kecamatan di Tulungagung Alami Krisis Air Bersih
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber