Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Laporan Tawon Vespa Bermunculan, Dinas Damkar Surabaya Bertindak Cepat
Minggu, 08-12-2019 | 02:16 wib
Oleh : Selvy Wang
Surabaya pojokpitu.com, Laporan keberadaan sarang tawon vespa affinis bermunculan di Surabaya. Menurut Dinas Pemadam Kebakaran Surabaya, laporan ini meningkat 3 kali lipat dibanding bulan sebelumnya. Masyarakat diimbau tidak menggangu sarang tawon jika menemukan dan diminta segera melaporkan ke layanan command center 112.

Bahkan di bulan Desember ini saja sudah ada 11 laporan warga masuk, yang  segera ditindak lanjuti Dinas Pemadam Kebakaran Surabaya. Kebanyakan sarang tawon tersebut berada di pohon atau atap rumah.

Dedik Irianto, Kepala Dinas Damkar Surabaya, menjelaskan sebelumnya mulai bulan Oktober pun sudah ada laporan masuk, namun tidak sebanyak sekarang. "Saat ini banyak warga lebih peduli untuk melaporkan kejadian di sekitarnya, karena itu temuan sarang tawon vespa pun semakin banyak," kata Dedik.

Untuk penanganannya, damkar sendiri menyiapkan baju anti lebah untuk digunakan personilnya saat mengamankan sarang tawon. "Dalam eksekusinya, setiap sarang tawon yang ditemukan ditempatkan di dalam karung untuk selanjutnya dibakar," ujarnya.

Dedik menjelaskan, tawon vespa ini bersifat pemburu dan bukan penghasil madu, sehingga jika merasa diganggu maka tawon ini akan menyerang, karena itu harus dimusnahkan.

Bahkan beberapa hari lalu ada kejadian dua petugas damkar terkena cairan tawon vespa di bagian matanya, beruntung 2 petugas sudah sehat kembali.

"Jika tawon vespa tidak bisa menyengat, maka tawon vespa akan menyemprotkan cairan tubuhnya yang bila terkena manusia akan terasa panas dan perih," tuturnya.

Karena itu masyarakat diimbau saat menemukan sarang tawon vespa dimanapun, agar tidak mengganggu, memindahkan atau mengeluarkan suara keras. Warga diimbau agar segera melaporkan ke layanan command center 112. (yos)

Berita Terkait


Sengat Orang, Sarang Tawon di Area Kantor Pajak Pratama Dimusnahkan Pemadam Kebakaran

Pemadam Kebakaran Musnahkan Tawon Endas

Sengat Warga, Petugas Damkar Musnahkan Sarang Tawon Ndas Dengan Cara Dibakar

Petugas Damkar Musnahkan Sarang Tawon Ndas


BPBD Musnahkan Sarang Tawon di Halaman DPRD

Laporan Tawon Vespa Bermunculan, Dinas Damkar Surabaya Bertindak Cepat

Diserang Tawon, Pekerja Bangunan di Kelurahan Tanah Kali Kediding Dilarikan ke Rumah Sakit

Tim Damkar Evakuasi Sarang Tawon Raksasa
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber