Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

BPKP Pusat Apresiasi Kabupaten Jember Terapkan Siskeudes 100 Persen
Sabtu, 07-12-2019 | 21:06 wib
Oleh : Felli Kosasi
Jember pojokpitu.com, Sistem keuangan desa yang sudah diimplementasikan di Kabupaten Jember, mendapat apresiasi dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Pusat (BPKP).

Hal ini disampaikan saat workshop implementasi siskeudes di Aula Pendopo Wahyawibawagraha. Kedepan BPKP akan bekerja sama dengan Kemendagri, untuk meluncurkan aplikasi sistem pengawasan dana desa agar kasus korupsi dana desa dapat ditekan sekecil mungkin.

Sistem keuangan desa yang sudah melalui aplikasi online yang sudah diluncurkan sejak tahun 2017 lalu, kini diberbagai daerah sudah mulai diterapkan, salah satunya di Kabupaten Jember.

Pasca pilkades bulan Oktober lalu, Pemerintah Kabupaten Jember memberikan workshop kepada 200 lebih kepala desa baik incumben maupun baru.

Bertempat di Aula Pendopo Wahya Wibawagraha, dihadiri langsung oleh Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan Republik Indonesia.
Dalam kesempatan ini, Bupati Jember, Faidah Mmr, menghimbau agar seluruh kepala desa saling bersinergi baik yang baru menjabat maupun petahana. "Agar pemahaman tentang Siskeudes bisa diterapkan ke desa masing-masing," ujar Faidah.

Bupati juga menghimbau agar didesa ada operator khusus untuk entry data siskeudes sehingga bisa fokus pelaksanaanya.

Perwakilan BPKP RI, Ahmad Akib, mengatakan, bahwa dirinya mengapresiasi seluruh desa di Kabupaten Jember, sudah mampu mengelola Siskeudes. "Mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga laporan pertanggung jawaban sudah dilaksanakan dengan baik," tutur Akib.

Kedepan BPKP akan bekerja sama dengan Kemendagri untuk membentuk aplikasi pengawasan pengelolaan dana desa. "Jadi seluruh inspektorat nantinya akan melaporkan hasil pengawasan melalui aplikasi yang bisa dilihat langsung oleh masyarakat luas," imbuhnya. (yos)

Berita Terkait


BPKP Pusat Apresiasi Kabupaten Jember Terapkan Siskeudes 100 Persen

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber