Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pilkada 

Resmikan Digitalisasi Rumah Pintar Pemilu, KPU Permudah Pemilih
Sabtu, 07-12-2019 | 20:04 wib
Oleh : Muhammad Zainurofi
Kediri pojokpitu.com, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri, melakukan inovasi merubah Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang masih manual menjadi RPP digital, untuk meningkatkan partisipasi pemilih milenial. Dengan inovasi RPP digital in, diharapkan mampu menekan angka golput dalam gelaram pemilihan bupati pada tahun 2020 mendatang.

Inovasi ini disaksikan oleh Gogot Cahyo Baskoro, divisi sosialisasi dan parmas KPU provinsi Jatim. Invovasi ini baru pertama kalinya ada dari 38 KPU kota dan kabupaten di Jawa Timur.

Gogot Cahyo Baskoro, menilai dengan RPP digital ini, yakin mampu mengubah apastisme politik ditengah masyarakat, karena dengan sarana ini mudah dan lebih menarik masyarakat khususnya pemilih milenial.

"Ruang RPP digital ini dilengkapi oleh 6 komputer yang berisi informasi dalam bentuk visual, yang sebelumnya bentuk informasi manula, seperti buku, dan baner," kata Gogot Cahyo Baskoro.

Lebih detail, Komisoner KPU Kabupaten Kediri, Nanang Qosim, mengatakan, selain 6 komputer di ruang RPP ini juga terdapat satu unit komputer yang dilengkapi aplikasi E-Voting.

Namun aplikasi ini masih sebatas media pembelajaran pemilu berbasis penghitungan elekronik, dan belum bisa digunakan dalam Pilbup 2020 di Kabupaten Kediri mendatang. "Tentunya sangat mempermudah pemilih, khususnya pemilih pemula," kata Nanang Qosim.

Sementara itu, Irgi Raivinza , salah satu pengunjung dari kalangan pelajar mengaku dengan fasiltas ini, kaum milenial lebih mudah menapatkan informasi seputar pemilu.

"Karena selain berisi tata cara memilih, pengunjung juga bisa melihat dokumen surat masuk dan surat keluar hingga peraturan KPU," ujar Irgi Raivinza.

Ruang RPP digital ini terbuka untuk umum, baik kalangan sekolah mahasiswa dan masyarakat umum, baik dari Kediri atau luar Kediri, dan tidak dipungut biaya.

Rencanaya KPU Kabupaten Kediri juga akan mengembangkan RPP Mobile, yang bisa bergerak jemput bola ke tengah masyarakat, dengan harapan mampu menekan angka golput.  (yos)

Berita Terkait


Resmikan Digitalisasi Rumah Pintar Pemilu, KPU Permudah Pemilih

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber