Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Petani Garam Panen Dadakan Akibat Hujan Pertama Turun Tidak Disangka-Sangka
Sabtu, 07-12-2019 | 13:25 wib
Oleh : Syaiful Anwar, Wildan Lipu Prasasti
Sumenep pojokpitu.com, Ratusan petani garam Desa Karanganyar, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, terpaksa memanen hasil garamnya dadakan lantaran hujan pertama turun dengan deras di desa setempat. Akibat dari hujan deras tersebut, para petani merugi hasil yang didapatinya mengurang dan kualiatas garamnya tidak bagus.

Usai kemarau panjang melanda sebagian daerah, sejak beberapa bulan trakhir ini dengan dampak kekeringan drastis dan saat ini sudah akan memasuki musim penghujan, beberapa wilayah di Kabupaten Sumenep sudah mulai turun hujan, Namun baru. Sabtu (7/12) pagi hujan pertama dengan deras jatuh diwilayah kawasan tambak garam petani Desa Karanganyar, Kabupaten Sumenep.

Dari hujan pertama yang turun pada pagi ini, membuat ratusan petani terpaksa harus memanen hasil garamnya dadakan, ini di khawatirkan garam yang sudah jadi jika tidak dengan cepat dipanen akan segera mencair kembali.

Resiko yang diakibatkan garam yang diperoleh, beratnya kurang dari separhu dibanding dipanen pada musim kemarau, yang biasa 3 ton menghasilkan 60 karung kini hanya 20 karung saja.

Salah seorang petani, Jeki, menyampaikan, hujan dadakan ini tidak hanya membuat hasil yang diperoleh sedikit. "Kualitas garam tidak terlalu baik atau garam menghitam tidak putih saat panen dimusim kemarau," kata Jeki.

Sementara dari bergantinya musim ini, para petani berharap garam yang di dapatinya selama panen trakhir ini, dapat dihargai dengan layak oleh pihak-pihak yang nantinya akan membelinya, karena beberapa bulan menghadapi musim penghujan mata pencaharian mereka akan berhenti sejenak dan mencari pekerjaan lain.

Berita Terkait


Petani Garam Panen Dadakan Akibat Hujan Pertama Turun Tidak Disangka-Sangka

Petani Garam Mendapat Berkah Memasuki Musim Kemarau

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber