Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Tempo Doeloe 

BPCB Jatim: Arca Ganesha di Bangsri Unik dan Langka
Sabtu, 07-12-2019 | 11:42 wib
Oleh : M. Ramzi
Magetan pojokpitu.com, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BCBP) Jawa Timur, turun ke lapangan meninjau arca ganesha yang ada di Bangsri Kabupaten Kecamatan Ngariboyo, Magetan. Arca ganesha yang ada terbilang unik dan langka, karena selain berambut di belakang juga ada ukiran naga.

Bersama Dinas Kebudayaan Pariwisata Jawa Timur, tim BPCB melakukan penelitian dasar, seperti ukuran arca dan posisi menghadapnya.

Arkeolog BPCB Jawa Timur, Wicaksono Dwi Nugroho, mengatakan, arca ganesha yang ada di kebun warga ini cukup menarik. "Karena secara ikonografi tidak mengikuti pakem arca ganesha pada umumnya, yang tidak memiliki rambut. Sementara arca ini, memiliki rambut ikal," ujar Wicaksono Dwi NUgroho.

Selain itu, dibagian belakang, arca yang memiliki dengan ketebalan 41 centimeter ini, juga terdapat ukiran naga yang memiliki mahkota. Melihat ukiran naga ini, diperkirakan arca dengan ketinggian 154 centimeter dan lebar 133 centimeter merupakan peninggalan sejarah antara abad 14 hingga 16 masehi.

"Karena cukup unik, kita akan melakukan koordinasi dengan Pemkab Magetan, kecamatan dan desa, untuk penanganan pelesetarian lebih lanjut," imbuhnya.

Data dari warga desa setempat, arca ganesha ini sudah lama ditemukan dan berada di lokasi punden desa setempat. Di sekeliling arca ganesha, juga terdapat patung atau batu-batu lain, yang diperkirakan juga peninggalan sejarah.

BPCB masih perlu melakukan kajian mendalam, untuk menentukan apakah lokasi tersebut nantinya akan dilakukan ekskavasi atau tidak. (yos)

Berita Terkait


BPCB Jatim: Arca Ganesha di Bangsri Unik dan Langka

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber