Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Kandang ayam yang ambruk diterjang angin ini adalah milik haji Rustam, peternak ayam di Desa Drajat, Kecamatan Boerno, Kabupaten Bojonegoro. Foto: Avrizal Ilmi
Tiga Kandang Ayam Rusak Berat dan Roboh Diterjang Angin Kencang
Sabtu, 07-12-2019 | 11:02 wib
Oleh : Avrizal Ilmi
Bojonegoro pojokpitu.com, Angin kencang disertai hujan deras kembali melanda wilayah Kabupaten Bojonegoro. Kali ini, angin kencang mengakibatkan tiga kandang ayam di Desa Drajat, Kecamatan Boerno, rusak berat. Dua kandang diantaranya ambruk hingga menimpa ribuan ekor ayam yang ada di dalamnya.

Angin kencang yang datang disertai hujan deras selama dua hari berturut-turut, pada sore hari, mengakibat tiga kandang  ayam masingmasing berkapasitas 3 ribu ekor ayam, rusak berat. Bahkan dua kandang diantaranya ambruk dan menimpa ribuan ekor ayam berikut sarana perlengkapan ternak yang di dalamnya ambruk.

Pemilik kandang, haji Rustam mengaku, musibah angin kencang yang memporak-porandakan kandang miliknya ini, hanya berlangsung singkat selama dua hari berturut-turut. 

Robohnya kandang ayam ini membuatnya harus menderita kerugian mencapai ratusan juta rupiah. "Rinciannya 1 unit kandang beridiameter 45 kali 9 meter, masih terdapat ribuan ekor ayam yang masih kecil atau baru berumur 15 hari," ujarnya.

Selain itu, angin juga merusak hampir seluruh perlengkapan ternak yang ada di dalamnya.  Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, para pekerja yang sebelumnya beraktifitas didalam kandang, berhasil selamat dan sudah berada di luar saat peristiwa angin kencang merobohkan bangunan kandang.

Meski tak ada korban jiwa, namun banyaknya ayam yang menjadi lemah atau bahkan mati karena tertimpa pung-puing bangunan. "Kerugian ditaksir mencapai kisaran Rp 125 juta perkandang dengan kapasitas 3 ribu ekor ayam," kata Rustam.

Saat ini untuk mencegah kerugian yang lebih besar, pemilik kandang berencana memindahkan seluruh anak ayam yang tersisa, ke kandang lainnya yang masih aman dari amukan angin.

Selain merusak kandang ayam, Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat, angin kencang yang terjadi kemarin juga merusak 2 rumah warga serta menumbangkan sejumlah pohon yang ada di sepanjang jalan Desa Drajat. (yos/VD:YAN)

Berita Terkait


Diterjang Angin, Tiang Listrik Roboh Nyaris Timpa Pengendara

Hujan Deras dan Angin Kencang Rusak Belasan Rumah Warga Pamekasan

Angin Kencang Hantam Tembok Pesantren dan Sejumlah Rumah Warga

Brak, 3 Rumah Nganjuk Ambruk Diterjang Angin


Sekolah di Blitar Tertimpa Pohon Saat Angin Kencang

Terkena Angin Kencang, Pohon Tumbang Timpa Puskesmas

Warga Kaget Tanggulangin, Angin Kencang Porak Poranda Rumahnya

Lagi, Angin Kencang Terjang Dua Kecamatan Magetan
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber