Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Sorot 

Jalan Menuju Gunung Bromo Amblas, Satu Jalur yang Bisa Dilalui
Jum'at, 06-12-2019 | 14:05 wib
Oleh : Farid Fahlevi
Berita Video : Jalan Menuju Gunung Bromo Amblas, Satu Jalur yang Bisa Dilalui
Probolinggo pojokpitu.com, Jalan menuju wisata Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur amblas pada Jumat (6/2) pagi. Amblasnya jalan ini selain plengsengan berada dibahu jalan ambrol sekitar sebulan selesainya pengerjaan.

Takut terjadi longsor susulan yang bisa dilalui hanya separuh badan jalan. Sampai sejauh ini BPBD setempat sudah memberi garis larangan melintas.
 
Diguyur hujan deras, jalan menuju wisata alam gunung bromo di Desa Sapikerep, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, amblas.
 
Separuh jalan dalam kondisi retak sedangkan bahu jalan beserta plensengan yang baru saja dibangun ambrol, dengan panjang sekitar 17 meter dan kedalaman sekitar 10 meter.
 
Kondisi separuh jalan tidak bisa dilalui kendaraan, membuat badan penanggulangan bencana setempat memberi garis larangan melintas.
 
Tingginya curah hujan di sekitar wilayah Gunung Bromo, membuat bahu jalan sepanjang 50 meter rawan longsong, sehingga akan diberi garis larangan melintas.
 
Menurut Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Probolinggo, Asrul Bustami, jalan amblas bertepatan di area plensengan yang baru saja selesai dikerjakan. "Karena baru selesai pengerjaannya, nantinya pemeliharaan dibebankan ke kontraktor," ujarnya.
 
Sementara itu menurut Sugeng Prayoga, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Probolinggo, yang bisa dilakukan BPBD hanya memeta daerah rawan longsor dan untuk jalan amblas, BPBD membangun lagi semi permanen atau kata lain untuk kedaruratan saja.
 
Petugas menghimbau, dengan kondisi jalan amblas dihimbau agar waspada saat berkunjung ke Bromo, khususnya yang melakukan perjalanan malam hari. (yos/VD:YAN)

Berita Terkait


Pengendara Was-was Lewati Jembatan Parang yang Retak

Jembatan Penghubung Magetan Ponorogo Retak

Jalan Penghubung Cerme Balongpanggang Banyak Yang Rusak

Jarang Tersentuh Perbaikan, Jalan Kendal-Gendingan Rusak Parah


Bupati Sambang Desa, Eh.. Tuai Laporan Jalan Rusak

Jalan Rusak Kerap Timbulkan Kecelakaan

Jalan Rusak Parah 3 KM, Pemerintah Hanya Tebar Janji

Respon Jalan Rusak Desa Dawuhan, DPU PR Akan Perbaiki Dengan Rabat Beton
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber