Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Tempo Doeloe 

Arca Mirip Ganesha Ditemukan di Kebun Warga
Jum'at, 06-12-2019 | 13:43 wib
Oleh : M. Ramzi
Magetan pojokpitu.com, Arca mirip ganesha ditemukan di perkebunan warga di Ngariboyo Magetan. Warga tidak tahu persis nilai sejarah di arca yang warga menyebutnya dengan arca ganesha gimbal tersebut, warga menginginkan lokasi itu menjadi wisata karena banyak arca lainnya di lokasi.

Sebuah arca peninggalan sejarah, ditemukan di area perkebunan bambu di Desa Bangsri Kecamatan Ngariboyo Kabupaten Magetan. Arca mirip ganesha ini, sudah lama ditemukan oleh warga namun dibiarkan begitu saja tak dirawat. Kecuali hanya dibangun pagar dari bambu di sekelilingnya.

Berbeda dengan arca ganesha pada umumnya, arca ganesha yang ada di dusun genengan ini memiliki rambut. Sehingga warga setempat menyebutnya dengan arca ganesha gimbal.

Salah satu warga sekitar, Sunardi, mengatakan, warga setempat menginginkan lokasi ini bisa menjadi salah satu objek wisata desa. "Karena di lokasi ini juga ditemukan arca atau patung lainnya, yang tertimbun tanaman atau tanah akibat tidak terawat," ujar Sunardi.

Warga berharap, Pemerintah Kabupaten Magetan atau Provinsi Jawa Timur, ikut menfasilitasi keinginan warga tersebut.
Keterangan warga sekitar, di lokasi tersebut banyak bebatuan atau arca lain yang merupakan peninggalan sejarah. Sehingga warga berpendapat, lokasi tersebut cocok untuk dijadikan objek wisata sejarah. (yos/VD:YAN)

Berita Terkait


Dinas Parbudpora Sebut Ada 164 Arca yang Ditemukan

BPCB Jatim: Arca Ganesha di Bangsri Unik dan Langka

Arca Mirip Ganesha Ditemukan di Kebun Warga

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber