Berita Terbaru :
   

Polda Jatim Grebek Hacker di Ruko Balongsari Tama
Metropolis  Selasa, 03-12-2019 | 18:10 wib
Reporter : Fakhrurrozi
Surabaya pojokpitu.com, Unit Cyber Crime Polda Jatim berhasil membongkar sindikat hacker atau peretas internet dan pembobol kartu kredit beromzet miliaran rupiah di Surabaya. Dalam penggerebekan di Ruko Jalan Balongsari Tama Nomor C1 Surabaya, polisi mengamankan 18 hacker, yang sebagian besar remaja lulusan SMK.

Penggerebekan sindikat hacker atau peretas internet dan kartu kredit ini dilakukan anggota Unit I Subdit V Cyber Crime Polda Jatim di sebuah ruko di Jalan Balongsari Tama C1 Surabaya, Selasa siang.

Dari penggerebekan ini, polisi berhasil mengamankan 18 hacker beserta 20 perangkat komputer. Para hacker yang diamankan ini sebagian besar masih remaja yang baru saja lulus SMK. "Modus operandi sindikat ini dengan meretas internet dan kartu kredit untuk menipu orang. Dengan modus ini, sindikat ini mampu meraup omset 40 ribu US Dollar per bulan atau lebih dari Rp 5 miliar per tahun," kata Kombes Pol Gidion Arief Setyawan - Dirreskrimsus Polda Jatim.

Hendro, salah satu hacker mengaku, setiap orang mempunyai peran masing-masing. Mulai dari, pembeli domain, spammer, develop akun hingga eksekutor yang mencuri data kartu kredit milik nasabah bank.

Dalam sindikat ini, Hendro sendiri hanya bertugas sebagai develop akun atau pembuat akun yang menunjang kinerja eksekutor untuk membobol kartu kredit milik nasabah asing. Sementara IP akun yang digunakan sengaja menggunakan IP asing, seperti Amerika, Itali dan sebagainya, dikarenakan apabila menggunakan IP Indonesia, mudah terdeteksi dan memerlukan verifikasi nomor HP.

Sementara itu, Zaini, Ketua RW setempat mengaku, bahwa dirinya tidak mengetahui bahwa salah satu rumah warganya digunakan untuk tempat operasi sekaligus persembunyian para hacker yang pekerjaannya membobol kartu kredit. Yang diketahui, lokasi penggerebekan hanya membuka toko kelontong, dan ketika malam hari aktifitasnya memang banyak anak muda yang lalu lalang masuk ruko.

Para hacker ini terancam pasal 35 dan pasal 51 ayat 1 Undang-Undang ITE dengan ancaman pidana maksimal 12 tahun penjara atau denda paling banyak Rp 12 milyar.(end/VD:YAN)

Berita Terkait

Polda Jatim Grebek Hacker di Ruko Balongsari Tama

Website di-Hack, PWI Lapor Polisi
Berita Terpopuler


Cuplikan Berita
Dua Kadis Terpapar Covid-19, Kantor Terpaksa Dilockdown
Pojok Pitu

Pemkot Surabaya Tepis Isu Pemecatan Kadis DKRTH Surabaya
Pojok Pitu

Diserang Tikus, Petani Ponorogo Resah
Jatim Awan

Rumah Pegawai Lapas Mojokerto Jadi Sasaran Pelemparan Bom Molotov
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber