Berita Terbaru :
Dianggap Pekerja Beresiko, Belasan Jurnalis Ikuti Rapid Test
   

Jelang Nataru, Bagaimana Stok BBM dan Gas Elpiji?
Ekonomi Dan Bisnis  Senin, 02-12-2019 | 03:15 wib
Reporter :
Foto dok pojokpitu.com
Jakarta pojokpitu.com, PT Pertamina memastikan stok BBM dan LPG secara nasional dalam keadaan aman jelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Terlebih, Pertamina juga telah menyiapkan tambahan suplai untuk mengantisipasi lonjakan permintaan BBM dan LPG yang biasanya meningkat di penghujung tahun, menjelang Natal dan Tahun Baru.

Vice President Corporate Communicatioan Pertamina, Fajriyah Usman menyatakan, saat ini secara umum stok BBM secara nasional mencapai 25 hari sementara stok LPG mencapai 15 hari.

"Menghadapi Natal dan Tahun Baru nanti stok BBM dan LPG sangat aman sejalan dengan optimalisasi kilang dan teknologi yang diterapkan, sehingga bisa lebih mudah mengolah minyak mentah menjadi berbagai produk BBM," ujar Fajriyah.

Selain stok aman, Fajriyah menambahkan, beberapa produk BBM di antaranya avtur dan solar bahkan dalam kondisi surplus, dan Pertamina sudah mandiri dalam mengolah solar dan avtur sejak Maret dan April, sehingga Pertamina dapat melakukan ekspor pada pertengahan 2019.

"Peningkatan stok BBM juga didukung suplai minyak mintah domestik dari KKKS yang beroperasi di Indonesia, sehingga ketahanan kilang semakin meningkat," imbuh Fajriyah.

Menurut Fajriyah, Pertamina juga memiliki infrastruktur energi yang luas hingga pelosok negeri. Pertamina memiliki 112 TBBM, 9.677 KM jalur pipa,  kurang lebih 10.000 mobil tangki dan 6.781 SPBU di seluruh Indonesia.

Pertamina memiliki jaringan infrastruktur yang lengkap untuk distribusi. Dan ada juga skema distribusi reguler, alternatif dan emergency untuk memastikan ketersediaan BBM untuk masyarakat tambahnya.

"Pertamina juga telah membangun 161 titik BBM Satu Harga untuk mendistribusikan BBM hingga ke wilayah pelosok atau yang dikenal dengan 3T, terdepan, terpencil dan terluar," pungkas Fajriyah.(chi/jpnn/pul)

Berita Terkait

Pertamina EP Raup Laba Sebesar Rp 8,4 Triliun Sepanjang Tahun 2019

Jelang Nataru, Bagaimana Stok BBM dan Gas Elpiji?

Ezeelink Luncurkan e-Voucher Pertamina

Dirut Pertamina Nicke Widtawati Diperiksa KPK
Berita Terpopuler


Cuplikan Berita
Gelombang Tinggi Terjang Pantai Selatan Lumajang
Pojok Pitu

Puluhan Rumah Warga Pantai Sine Terendam Banjir Rob
Pojok Pitu

Banjir Terjang 5 Kecamatan di Tengah Pandemi Covid-19
Jatim Awan

Dua Truk Pasir Terseret Lahar Dingin Semeru
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber