Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Beginilah kondisi air sungai bengawan solo,yang melintasi kawasan kracakan di Desa Payaman Kecamatan Ngeraho Kabupaten Bojonegoro.
Air Bengawan Solo Tercemar Berwarna Hitam Kemerahan
Jum'at, 29-11-2019 | 12:16 wib
Oleh : Avrizal Ilmi
Bojonegoro pojokpitu.com, Air sungai bengawan solo di kawasan kracakan Desa Payaman Kecamatan Ngeraho Bojonegoro, berwarna hitam kemerahan,kondisi tersebut sudah berlangsung sejak tiga hari terahir. Sungai terpanjang di Pulau Jawa ini diduga telah tercemar berbagai jenis limbah dari kawasan hulu, seperti limbah tektil batik minuman keras ciu serta peternakan babi.

Air sungai yang mengalir deras ini terlihat berwarna hitam atau merah kehitaman. Menurut Suparman, warga setempat,kondisi tersebut sudah berlangsung sejak tiga hari terahir.

Padahal biasanya air sungai terpanjang di pulau jawa ini tidak separah ini. "Warga menduga bengawan solo mendapat limpahan limbah dari kawasan hulu Jawa Tengah," kata Suparman.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bojonegoro, Hanafi, mengatakan, pihaknya masih melakukan penelitian terkait kondisi air bengawan solo.

Karena sebelumnya Pemprov Jawa tengah sudah  melakukan kajian terhadap kandungan air yang berwarna merah. Hasilnya air sungai terpanjang di Pulau Jawa ini tercemar berbagai jenis limbah, diantaranya limbah tekstil batik, limbah ciu serta peternakan babi.

Warga mengaku resah, pasalnya air bengawan solo digunakan untuk mengaliri lahan pertanian. Bahkan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) juga menggunakan air sungai sebagai bahan baku.

Berita Terkait


Plt Bupati Sidoarjo dan DLHK Sidak Sungai yang Dibuangi Limbah Berbusa

Diduga Ada Kebocoran dari Limbah Pabrik, Air Sungai diDesa Sumput Menjadi Berbusa

Tim Gakkum KLHK Ambil Sample Diduga Limbah B3 di Tulungagung

Limbah Koran Dirubah Jadi Produk Bernilai Ekonomis


Limbah Koran Dirubah Jadi Produk Bernilai Ekonomis

Pemerintah Tutup Limbah Berbahaya Demi Kesehatan Warga

Titik Keberadaan Limbah Misterius Meluas, Polisi Periksa Sejumlah Saksi

DLH dan Dewan Sidak Lokasi Limbah Beracun
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber