Berita Terbaru :
   

Air Bengawan Solo Tercemar Berwarna Hitam Kemerahan
Pantura  Jum'at, 29-11-2019 | 12:16 wib
Reporter : Avrizal Ilmi
Beginilah kondisi air sungai bengawan solo,yang melintasi kawasan kracakan di Desa Payaman Kecamatan Ngeraho Kabupaten Bojonegoro.
Bojonegoro pojokpitu.com, Air sungai bengawan solo di kawasan kracakan Desa Payaman Kecamatan Ngeraho Bojonegoro, berwarna hitam kemerahan,kondisi tersebut sudah berlangsung sejak tiga hari terahir. Sungai terpanjang di Pulau Jawa ini diduga telah tercemar berbagai jenis limbah dari kawasan hulu, seperti limbah tektil batik minuman keras ciu serta peternakan babi.

Air sungai yang mengalir deras ini terlihat berwarna hitam atau merah kehitaman. Menurut Suparman, warga setempat,kondisi tersebut sudah berlangsung sejak tiga hari terahir.

Padahal biasanya air sungai terpanjang di pulau jawa ini tidak separah ini. "Warga menduga bengawan solo mendapat limpahan limbah dari kawasan hulu Jawa Tengah," kata Suparman.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bojonegoro, Hanafi, mengatakan, pihaknya masih melakukan penelitian terkait kondisi air bengawan solo.

Karena sebelumnya Pemprov Jawa tengah sudah  melakukan kajian terhadap kandungan air yang berwarna merah. Hasilnya air sungai terpanjang di Pulau Jawa ini tercemar berbagai jenis limbah, diantaranya limbah tekstil batik, limbah ciu serta peternakan babi.

Warga mengaku resah, pasalnya air bengawan solo digunakan untuk mengaliri lahan pertanian. Bahkan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) juga menggunakan air sungai sebagai bahan baku.

Berita Terkait

Musim Kemarau, Peternak Manfaatkan Limbah Pertanian Sebagai Pakan Ternak

Limbah Masker Medis Berserakan di Samping Rumah Sakit Covid

Limbah Kayu Sisa Perusahaan Kayu Terbakar

Difabel Ubah Limbah Kayu Jadi Miniatur Truk
Berita Terpopuler


Cuplikan Berita
Janji Datangkan Samurai 500 M, Korban Justru Tertipu Rp 18 M
Pojok Pitu

Diduga Akibat Puntung Rokok Dibuang Sembarangan, Savana Kawah Wurung Terbakar
Pojok Pitu

Hingga Malam Hari Bukit Bentar Terbakar, Petugas Masih Lakukan Pemadaman Manual
Jatim Awan

Kebakaran Gudang Margomulyo, Tiga Isi Gudang Ludes Dilalap Api
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber