Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Tiga Terdakwa Kasus Ujaran Kebencian dan Hoax Tentang Papua, di Asrama Papua, Jalani Sidang Dakwaan
Rabu, 27-11-2019 | 19:39 wib
Oleh : Yusmana Windarto
Surabaya pojokpitu.com, Tiga terdakwa kasus dugaan rasis dan penyebaran berita hoax di depan Asrama Mahasiswa Papua, Jalan Kalasan Surabaya, Rabu sore menjalani sidang perdana pembacaan dakwaan di Pengadilan Negeri Surabaya. Ketiga terdakwa yaitu Tri Susanti, anggota ormas, Syamsul Arifin petugas ketertiban Kecamatan Tambaksari, dan seorang youtuber berinisial AD yang menyebarkan konten hoax kerusuhan Asrama Mahasiswa Papua.

Ketiga terdakwa aksi massa di depan Asrama Mahasiswa Papua bulan Agustus lalu, Rabu sore menjalani sidang perdana pembacaan dakwaan di Pengadilan Negeri Surabaya. Ketiga terdakwa yaitu Tri Susanti, anggota ormas, Samsul Arifin, petugas ketertiban Kecamatan Tambaksari dan AD, seorang youtuber asal Jawa Tengah.
 
Ketiganya disidang secara bergantian, di ruangan yang sama. Jaksa ketiga penuntut umum yang membacakan dakwaan, menyatakan bahwa Tri Susanti telah menyebarkan informasi rasis yang bisa menimbulkan kebencian dan kerusuhan antar individu serta kelompok masyarakat.
 
Tri Susanti dijerat dengan pasal 45 ayat dua juncto pasal 28 ayat 2 Undang Undang ITE. Terkait dakwaan itu, kuasa hukum Tri Susanti mengajukan eksepsi untuk membuktikan, apakah pasal yang dikenakan tersebut memenuhi unsur atau tidak.
 
Sedangkan, Syamsul Arifin yang merupakan petugas Kecamatan Tambaksari didakwa mengucapkan kalimat rasis saat berada di depan Asrama Mahasiswa Papua, dalam kejadian pengibaran bendera merah putih. Sementara AD, youtuber asal Jawa Tengah ini didakwa menyebarkan informasi hoax kerusuhan di Asrama Mahasiswa Papua di akun youtube. Rencananya, sidang akan kembali digelar Senin pekan depan, dengan agenda pemanggilan sejumlah saksi.(end)




Berita Terkait


Risma Cabut Laporan, Polisi Bakal Gelar Perkara Dulu di Polda Jatim

Walikota Tri Rismaharini Cabut Laporan Zikria Dzatil

Polisi Sebut Kondisi Zikria Dzatil Saat Ini Dalam Keadaan Down

Kasus Netizen Hina Walikota Risma, Polisi Juga Periksa Saksi Ahli Bahasa, Pidana dan ITE


ASN Tersangka Ujaran Kebencian, Pemkot Serahkan Proses Hukum pada Kepolisian

Dua Tersangka Ujaran Kebencian Resmi Ditahan 20 Hari Ke Depan

Banser dan FPI Nyaris Ricuh Saat Sidang Ujaran Kebencian Gus Nur

Sidang Lanjutan Ujaran Kebencian Gus Nur, Jaksa Hadirkan Empat Saksi
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber