Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Teknologi 

Setiap hari saat jam istirahat siang, Kusnadi, Kepala Desa Suger Lor bersama perangkat melakukan pengecekan pipa di beberapa titik. Foto Rizqi Setiawan
Inovasi Pipa U Bebaskan Desa Suger Lor Dari Krisis Air
Rabu, 27-11-2019 | 13:30 wib
Oleh : Rizqi Setiawan
Bondowoso pojokpitu.com, Desa Suger Lor Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso, punya inovasi desa bernama pipa U. Jaringan irigasi pipa tersebut menjadi langkah membebaskan kekeringan dan krisis air bersih, terutama saat kemarau 3 tahun terakhir.

Sistem pipa U, inovasi desa yang telah 3 tahun membebaskan Desa Suger Lor dari kekeringan dan krisis air bersih. Pipa berbentuk huruf U berdiri di sejumlah titik pada 5 dusun yang ada. Fungsi pipa, yakni sebagai pembagi dan pelancar aliran air bersih dari tandon sumber mata air.

Di bagian sisi tegak dipasang kran, serta di bagian atas terdapat lubang angin yang dapat di buka sewaktu-waktu ketika saluran macet.

Dengan inovasi tersebut, air bersih dapat dinikmati warga di rumah masing-masing baik untuk minum, memasak, mandi serta untuk keperluan lainnya. "Setiap rumah pengguna diberi water meter layaknya PDAM dengan harga per meter kubik sangat murah yakni Rp 900 saja," kata Kusnadi.

Menurut Kusnadi, Kepala Desa Suger Lor, berawal dari tahun 2015 lalu. Dimana setiap tahun warga mengeluhkan krisis air. Bahkan kering sumber mata air. Sehingga dengan adanya pipa U tersebut, masyarakat yang sebelumnya  mengambil air sungai, saat ini sudah berpola hidup sehat dengan air bersih di rumahnya.

Pengembangan akan terus dilakukan, dengan target seluruh warga dapat menerima manfaat air bersih dari pipa U tanpa khawatir krisis air saat kemarau. (pul)

Berita Terkait


Kemarau Berkepanjangan Warga Desa di Probolinggo Alami Krisis Air Bersih

Inovasi Pipa U Bebaskan Desa Suger Lor Dari Krisis Air

Atasi Krisis, Mobil Dinas Polsek Untuk Droping Air Bersih

Atasi Krisis Air Bersih, PDAM Distribusikan Puluhan Ribu Liter Air


Kemarau Panjang, Empat Kecamatan di Blitar Krisis Air Bersih

Krisis Air Bersih, Warga Gunakan Air Sungai

Kekeringan, 5 Kecamatan di Tulungagung Alami Krisis Air Bersih

Krisis Air Bersih Meluas ke Kecamatan Lembeyan Magetan

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber