Berita Terbaru :
Rumah Dinas Gubernur Dijadikan Posko Command Center
Begini Kata Para Ahli Terkait Pengunaan Bilik Disinfektan
   

Kemarau Berkelanjutan, Sumber PDAM di Pacitan Mengering
Mataraman  Selasa, 26-11-2019 | 06:12 wib
Reporter : Edwin Adji
Pacitan pojokpitu.com, Dampak kemarau panjang membuat sumber air baku Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Pacitan, berkurang hingga 60 persen. Bahkan beberapa diantaranya telah mengering, akibatnya pasokan air bersih ke ratusan pelanggan pun di berhentikan sementara.

Tak kunjung turun hujan membuat sejumlah wilayah terdampak kekeringan kini kondisinya semakin parah. Bahkan sumber baku PDAM pun tak luput di landa kekeringan.

Salah satu sumber air baku milik pdam yang mengering adalah embung kowang, di Desa Penggung, Kecamatan Nawangan, Pacitan.  Embung seluas kurang lebih 1 hektar tersebut mengering, akibat  dampak dari kemarau panjang .

Terlihat air yang tersisa kini kondisinya keruh dan tidak bisa lagi ambil, retakan tanah juga terlihat hampir  diseluruh dasar embung.
Sebelumnya, air dari embung kowang ini,dialirkan ke 293 pelanggan pdam di tiga desa, yakni  Desa Penggung,Desa Pakis Baru dan Desa Ngromo, Kecamatan Nawangan. Namun sejak seminggu terakhir, aliran air putus total.

Parto, warga setempat mengatakan, embung kowang ini sebelumnya belum pernah kering, pada musim kemarau sebelumnya. Air baku PDAM itu masih bisa dialirkan keseluruh pelanggan.

Namun kemarau pada tahun 2019 kali ini yang terjadi selama 8 bulan lamanya, mengakibatkan sumber pdam tersebut nyaris kering kerontang.  "Selain dampak musim kemarau, dangkalnya embung juga menjadi salah satu penyebabnya. Embung yang awalnya sedalam 8 meter itu kini tinggal separuhnya saja karena tertimbun lumpur," kata Parto.

Agus Suseno, Direktur PDAM Pacitan, menjelaskan, Akibat mengeringnya air baku pdam itu, pelayanan di  pdam upt penggung  berhenti total, kantor PDAM nampak sepi tanpa ada aktifitas pekerja. "Untuk sementara waktu  seluruh pelanggan PDAM pun dibebaskan dari operasional biaya bulanan," kata Agus Suseno.

Selain sumber PDAM UPT Penggung di Kecamatan Nawangan yang sudah tidak bisa mengairi ratusan rumah warga, beberpa titik sumber baku lainnya juga terancam dengan kondisi serupa, apabila tak segera turun hujan. (yos)

Berita Terkait

Memasuki Musim Pancaroba, 66 Desa di Trenggalek Masih Alami Kekeringan

Kemarau Berkelanjutan, Sumber PDAM di Pacitan Mengering

Warga Kabupaten Jember Kesulitan Air Bersih

Petani Memecah Batu di Sawah yang Masih Kering
Berita Terpopuler
Begini Kata Para Ahli Terkait Pengunaan Bilik Disinfektan
Life Style  2 jam

Rumah Dinas Gubernur Dijadikan Posko Command Center
Covid-19  1 jam



Cuplikan Berita
Jalan Darmo dan Tunjungan Surabaya Ditutup 2 Minggu
Pojok Pitu

Berburu Manisnya Buah Srikaya Puthuk Tuban
Pojok Pitu

Relawan Serahkan APD di RSUD Kanjuruhan Kepanjen
Jatim Awan

Kabupaten Nganjuk Menjadi Salah Satu Daerah Zona Merah di Jatim
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber