Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Puluhan Pemdes Belum Cairkan Dana Desa Termin Ketiga
Senin, 25-11-2019 | 16:31 wib
Oleh : Tova Pradana
Madiun pojokpitu.com, Puluhan Pemerintahan Desa (Pemdes) di Kabupaten Madiun, belum mencairkan Dana Desa (DD) termin ketiga. Apalagi sisa waktu akhir tahun anggaran 2019 tinggal 1 bulan lagi.

Menginjak akhir tahun 2019 sebanyak 38 pemerintah desa di Kabupaten Madiun, belum mencairkan anggaran dana desa termin ketiga. Padahal tempo tersisa satu setengah bulan sebelum anggaran 2019 berakhir.

Di sisa waktu yang mepet ini, duit bantuan pemerintah pusat itu juga harus sudah habis dibelanjakan. Agar tidak menjadi sisa lebih pembiayaan anggaran (silpa) tahun depan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD) Kabupaten Madiun, Joko Lelono, mengungkapkan , 38 dari 198 pemdes sedang memproses penyerapan DD. Puluhan desa itu telah mengajukan permohonan pencairan.

"Tahapan terakhir tinggal menunggu transfer dananya dari Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah (BPKAD) ke masing-masing Rekening Kas Desa (RKDES)," kata Joko Lelono.

DPMD mengontrol penggunaan DD ratusan Pemdes secara online, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) itu bisa melihat keluar masuk penggunaan anggarannya setiap waktu.

Pemdes yang tak kunjung melakukan eksekusi segera diingatkan agar anggaran dari pemerintah pusat tersebut terserap maksimal.

Sedangkan terkait Alokasi Dana Desa atau ADD hingga bulan November ini seluruh Pemdes, telah menyerap 100 persen sejak termin pertama hingga keempat. Saat ini tinggal penggunaan tahap terakhir. (yos)





Berita Terkait


Dugaan Korupsi, Inspektorat dan PMD Diperiksa Kejaksaan

Dana Desa di Jatim Mencapai Rp 7,6 Triliun

Menantu Curi Uang Dana Desa Mertua Ratusan Juta

Awasi Dana Desa dan Dana Transfer, Badan Anggaran Turun ke Jatim


Wabup Himbau Seluruh Kades Bijak Merencanakan Anggaran Dana Desa

Bursa Inovasi Desa Guna Maksimalkan Penggunaan Dana Desa

Manipulasi Laporan Proyek Dana Desa, Oknum Kades di Jombang Ditahan

Diduga Selewengkan Dana Desa, Warga Laporkan Kades ke Kejaksaan
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber