Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Aksi sebagai bentuk syukur petani ikan, karena sektor perikanan mampu menyumbang 3 persen dari PDRB sebesar Rp 5 milyar pertahun.
Ratusan Petani Gelar Kenduri Ikan, Ini Penyebabnya
Jum'at, 22-11-2019 | 09:22 wib
Oleh : Unggul Dwi Cahyono Muhammad Zainurofi
Kediri pojokpitu.com, Memperingati hari ikan nasional tanggal 21 November, ratusan petani ikan dan pengolah ikan di Kabupaten Kediri, menggelar bagi bagi ribuan ikan, dan kenduri ikan.

Sekitar 400 petani ikan dan pengolah ikan berkumpul dalam peringatan hari ikan nasional. Mereka berkumpul menggelar kediri kenduri ikan, sebagai rasa syukur petani karena panen ikan mereka melimpah.

Petani juga membagikan 2 ribu ikan berta, dan 4 ribu ikan komet, kepada masyarakat di sejumlah jalan. Dalam acara ini juga digelar bazar olahan produk makanan berbahan baku ikan, seperti ikan lele, patin, gurami, dan nila. 

Menurut Nur Hafidz, Plt Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kediri, acara ini digelar untuk mengenalkan bahwa sektor perikanan mampu menjadikan tumpuhan ekonomi masyarakat. "Selain itu juga untuk mengkamanyekan gemar makan ikan untuk meningkatkan daya saing bangsa, serta mencegah stunting," kata Nur Hafidz.

Data Dinas Perikanan, produksi ikan konsumsi mencapai 18 ribu ton pada tahun 2018. serta tahun 2019 menargetkan produksi 20 ribu ton ikan. Sedang produksi ikan hias 250 juta ekor, perahun seperti ikan berta, ikan komet, dan ikan koi, yang sudah diekspor ke india, abudabi, dan sejumlah negara tetangga. Dari sektor perikanan mampu menyumbang produk domestik regional broto, pdrb kabupaten kediri mencapai 3 persen atau sebesar Rp 5 milyar. (pul)

Berita Terkait


Ratusan Petani Gelar Kenduri Ikan, Ini Penyebabnya


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber