Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Hukum 

Produksi Rokok Tanpa Cukai, Pengadilan Negeri Sidoarjo Hanya Putus 1 Tahun Penjara
Selasa, 19-11-2019 | 17:07 wib
Oleh : Mujianto Primadi
Sidoarjo pojokpitu.com, Pemerintah dengan gencar mau menaikkan cukai rokok 25 persen. Di Sidoarjo, Jawa Timur, Pengadilan Negeri Sidoarjo telah menjatuhkan hukuman 1 penjara kepada terdakwa produksi rokok tanpa cukai asal Tanggulangin Sidoarjo. Atas putusan itu, jaksa penuntut umum Kejaksaan Negeri Sidoarjo akan melakukan upaya banding, karena sebelumnya JPU menuntut kepada terdakwa 3,5 tahun penjara.

Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Sidoarjo, Ahmad Paten Sili, siang tadi menjatuhkan hukuman satu tahun penjara kepada terdakwa, M Taufik Soleh karena melakukan produksi rokok tanpa cukai, asal Tanggulangin Sidoarjo. Nampaknya putusan ketua majelis hakim dianggap meringankan terdakwa, sehingga jaksa penuntut umum Kejari Sidoarjo mengajukan upaya banding.
 
Sebelumnya, atas nama Imron, pekerja serabutan di pabrik rokok, warga Tanggulangin Sidoarjo ditangkap oleh Bea Cukai Juanda, karena telah mengendarai mobil yang di dalamnya terdapat 11 karton rokok yang berisi ribuan batang rokok.
 
Ketua majelis hakim, Ahmad Paten Sili dibuat bingung, karena dalam perkara ini tidak ada terdakwa utama, justru nama Muhamad Taufik Soleh muncul di fakta persidangan atas keterangan Imron, saksi dari empat saksi yang dihadirkan oleh Kejati Jatim.
 
Awalnya, Imron pekerja serabutan di pabrik rokok milik terdakwa itu mengaku diperintah terdakwa untuk mengantar 11 karton berisi ribuan rokok tanpa cukai dari berbagai merek tersebut, untuk dikirim ke tempat Saiful.
 
Di saat di perjalanan, Imron ditangkap oleh Tim Bea Cukai Juanda saat mengendarai mobil yang berisi 11 karton rokok yang berisi ribuan rokok tanpa cukai. Atas penangkapan itu, Imron menyebut bahwa barang tersbebut milik Saiful, kini masih buron.
 
Meski demikian, penyidik Bea Cukai menetapkan tersangka kepada Muhamad Taufik Soleh, karena telah memproduksi rokok tanpa cukai dari berbagai merek. Jaksa penutut umum Kejari Sidoarjo menuntut 3,5 penjara, namun ketua majelis hakim menjatuhkan hukuman 1 tahun penjara.(end)

Berita Terkait


Pemerintah Gelar Rembuk Nasional Atasi Kenaikan Cukai Rokok

Produksi Rokok Tanpa Cukai, Pengadilan Negeri Sidoarjo Hanya Putus 1 Tahun Penjara

Puluhan Iphone 11 Disita Bea Cukai Senilai Rp 1,5 Milyar

Bea Cukai Pabean C Kota Blitar Musnahkan Rokok dan Miras Ilegal


Rugikan Negara Ratusan Juta Rupiah, Bea Cukai Musnahkan Ribuan Barang Ilegal

Tidak Terpengaruh Rencana Kenaikan Cukai, Harga Tembakau Rajangan Kering Naik Dibanding Tahun Lalu

Bea Cukai Kediri Musnahkan Barang Hasil Tegahan Senilai Rp 400 Juta

Puluhan Iphone 11 Disita Bea Cukai Senilai Rp 1,5 Milyar

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber