Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Kesehatan 

Tunggakan Klaim BPJS Kesehatan Tulungagung Capai Rp 119,7 Miliar
Selasa, 19-11-2019 | 17:00 wib
Oleh : Agus Bondan
Tulungagung pojokpitu.com, Tunggakan klaim pembayaran BPJS Kesehatan Cabang Tulungagung, di belasan rumah sakit dan puluhan faskes tingkat pertama, saat ini mencapai Rp 119 miliar lebih.

Untuk mengantisipasi terganggunya operasional rumah sakit akibat keterlambatan bayar tersebut, BPJS telah bekerjasama dengan sejumlah bank, yang bisa diakses rumah sakit mitra untuk mendapatkan pendanaan.

Sampai dengan akhir Oktober 2019, tunggakan klaim pembayaran bpjs kesehatan cabang tulungagung, mencapai Rp 119, 7 miliar. Jumlah tersebut merupakan klaim dari 15 rumah sakit mitra dan puluhan faskes tingkat pertama, yang tersebar di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Tulungagung, yakni Kabupaten Tulungagung, Trenggalek dan Pacitan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tulungagung, Idar Aries Munandar mengatakan, untuk pembayaran ke 15 rumah sakit sebesar 119 miliar koma 228 juta rupiah lebih, mengalami keterlambatan bayar sejak juli lalu. 

"Sedangkan hutang klaim ke faskes tingkat pertama, puskesmas, klinik, dan dokter yang masuk FKTP tingkat 1, mulai Agustus hingga Oktober 2019,  tercatat sebesar 490 juta rupiah yang belum terbayar," kata Idrar Aries Munandar.

Pihak BPJS Kesehatan Cabang Tulungagung, belum dapat memastikan kapan tunggakan klaim tersebut akan dibayarkan. Untuk mengantisipasi terjadinya gangguan operasional rumah sakit mitra akibat hal tersebut, pihak BPJS mendorong rumah sakit untuk mengakses perbankan yang telah menjalin kerjasama dengan BPJS, melalui mekanisme SCF atau Suply Chain Finance. 

"Dengan SCF ini, pihak rumah sakit bisa menggaransikan klaim tagihan bpjs ke bank, dan pihak bank akan mengucurkan dana sejumlah klaim BPJS yang tertunggak," imbuhnya.

Menurut Idar Aries, terjadinya tunggakan klaim pembayaran ini, akibat besaran klaim pembayaran secara keseluruhan tingkat nasional, tidak sebanding dengan pendapatan dari pembayaran premi peserta. 

Aries mencotohkan, di BPJS Kesehatan Tulungagung rata-rata pemasukan dari peserta sebesar Rp 44 miliar, sedangkan klaim mencapai Rp 66 miliar perbulan. (yos)

Berita Terkait


Layanan Overload, FKPI Usulkan Adanya Redistribusi BPJS

Tunggakan Klaim BPJS Kesehatan Tulungagung Capai Rp 119,7 Miliar

Tunggakan BPJS Capai Rp 50 Milyar, Pelayanan RSUD dr Iskak Tidak Terganggu

Sebanyak 11.141 Keluarga Nunggak Iuran BPJS Kesehatan, Total Mencapai Rp 17,2 Milyar


DPRD Sidak Kantor BPJS Kesehatan Saat Warga Antri

Begini Cara Menkes Dokter Terawan Mengatasi Defisit BPJS Kesehatan

Nodin Dibatalkan, Pemkot Madiun Hanya Evaluasi Program UHC BPJS Kesehatan

Tunggakan BPJS Kesehatan Cabang Madiun Rp 35,6 M ke Rumah Sakit

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber