Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pilkada 

Lagi, Massa Tuntut Panitia Pilkades Taati Tatib Yang Dibuat
Selasa, 19-11-2019 | 16:25 wib
Oleh : Tova Pradana
Madiun pojokpitu.com, Sengketa pilkades di Desa Geger Kecamatan Geger Kabupaten Madiun masih terus memanas. Meski sudah dilakukan mediasi baik di tingkat kecamatan dan pemerintah daerah, namun hal tersebut nyatanya belum membuat reda. Massa menuntut kembali panitia pilkades untuk menaati tata tertib yang dibuatnya.

Dengan membentangkan poster bernada tuntutan tidak puas akan hasil pilkades. Puluhan massa calon 05, Mahmud Rudiyanto kembali menggelar aksi unjuk rasa di depan balai desa setempat. Massa menilai sampai saat ini, panitia tidak pro aktif dalam hal penyelesaian sengketa pilkades. Meski sudah dilakukan mediasi baik di tingkat kecamatan maupun tingkat Pemkab Madiun.

Selain itu, yang massa marah lantaran tata tertib (tatib) yang dibuat sendiri oleh panitia diabaikan, sehingga pada pilkades di Desa Geger, terdapat surat suara rusak yang jumlahnya fantastis, yakni jumlah suara rusak sebanyak 568 suara. Mayoritas penyebab tidak disahkanya suara rakyat tersebut, dikarenakan coblos tembus di luar kotak paslon.

"Dalam tatib panitia pilkades Desa Geger pada romawi V , disana jelas disebut surat suara yang tercoblos karena surat suara tidak dibuka seluruhnya (coblos tembus) dinyatakan sah. Namun saat penghitungan suara, panitia tidak menganggap sah," ungkap Mahmud Rudiyanto, Cakades 05, saat berorasi.

Usai puas berorasi, sebanyak 20 perwakilan massa langsung ditemui ketua panitia pilkades di ruang rapat Desa Geger. Dalam dialog tersebut, berkali - kali terjadi adu mulut karena perbedaan pendapat saat mengupas soal tatib dan Perbup no 31 tahun 2019.

Panitia Mujiono bersikukuh, sepakat persoalan sengketa harus segera diselesaikan. Agar masyarakat Desa Geger, kembali damai, seperti sebelum pilkades. Namun selama belum ada perintah dari pimpinan di atas, panitia tetap bersikukuh enggan melakukan penghitungan ulang.(end)

Berita Terkait


Patroli Pilkades, Antisipasi Kericuhan Pasca Penghitungan

Menduga Pilkades Curang, Warga Brondong Lamongan Lapor ke Polda Jatim

Tingkat Partisipasi Pilkades E-Voting Capai 80,61 Persen

Tantangan Pilkades e-Voting, Mulai Scan KTP dan Sidik Jari Eror


Jadi Hari Libur, Bupati Magetan Ajak Sukseskan Pilkades

Polisi Pantau Titik Rawan Pilkades Nganjuk

Ratusan Warga Demo Bupati Tuntut Pilkades Ulang

Ribuan Personil Gabungan Dikerahkan Saat Pilkades Serentak

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber