Berita Terbaru :
   

Hama Kaper Serang Hektaran Tanaman Padi
Pantura  Minggu, 17-11-2019 | 08:10 wib
Reporter : Samsul Alim
Bojonegoro pojokpitu.com, Hektaran tanaman padi di Kabupaten Bojonegoro, diserang hama kupu putih atau biasa disebut hama kaper. Kondisi ini membuat batang tanaman padi membusuk. Selain tanaman padi rusak, para petani juga mengeluhkan mahalnya obat untuk membasmi hama tersebut.

Sedikitnya 8 hektar tanaman padi di Desa Wotanngare, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro, diserang hama kupu-kupu putih atau biasa disebut hama kaper. Hama kaper yang terjadi sejak dua minggu terakhir ini membuat sebagian tanaman padi yang baru ditanam ini rusak.
 
Hama kaper ini biasanya menyerang bagian batang padi. Serangan tersebut membuat batang padi menjadi layu dan membusuk, sehingga tanaman padi rusak. untuk menghindari kerusakan lebih parah. Para petani menyemprotkan obat khusus pembasmi kaper.
 
Pangat, petani, mengatakan, meski hama kaper bisa teratasi, namun para petani mengeluhkan harga obat hama kaper yang dinilai cukup mahal. "Pasalnya, obat hama ini dibanderol kisaran harga Rp 125 ribu rupiah perbotolnya," kata Pangat.
 
Para petani berharap serangan hama kaper ini tidak mencul kembali, agar tanaman padi yang mereka tanam, bisa panen dengan hasil yang maksimal. (yos)
 


Berita Terkait

Hektaran Padi Rusak Terserang Virus Thungro, Petani Jember Rugi Jutaan Rupiah

Diserang Tikus, Petani Ponorogo Resah

Hama Wereng Coklat Serang Padi Petani

Terserang Hama, Tanaman Padi Terancam Gagal Panen
Berita Terpopuler


Cuplikan Berita
Puluhan Peserta UTBK Rapid Test di Lokasi Ujian
Pojok Pitu

Gempar, Bayi Perempuan Dibuang di Teras Rumah Warga
Pojok Pitu

Diduga Bawa BBM, Sebuah Mobil Terbakar di Dekat SPBU Keting
Jatim Awan

Diserang Tikus, Petani Ponorogo Resah
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber