Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

BPBD Lumajang Mulai Dirikan Tenda Pengungsian
Jum'at, 15-11-2019 | 18:00 wib
Oleh : Achmad Arif
Lumajang pojokpitu.com, Guncangan gempa sesar tektonik yang terjadi di Lereng Gunung Lamongan, Lumajang, membuat pemerintah setempat mengambil langkah cepat.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, mendirikan tenda pengungsian sementara, serta memberikan bantuan makanan siap saji untuk warga terdampak gempa. Sementara guncangan gempa masih dirasakan dengan kekuatan 2 hingga 3 MMI.

Rombongan Pemerintah Kabupaten Lumajang, bersama instansi terkait langsung mendatangi sejumlah rumah terdampak gempa sesar tektonik di Lereng Gunung Lemongan, Desa Sumber Petung, Kecamatan Ranuyoso, Lumajang.

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati, melihat retakan di rumah warga. Meski tak sampai hancur, namun lebar retakan cukup membahayakan terutama jika terjadi gempa susulan.

"Sebab di daerah tersebut telah diguncang empat kali goncangan gempa sesar tektonik, berkekuatan 3 modified mercalli intensity," kata Wakil Bupati Lumajang.

Untuk mengantisipasi jatuhnya korban akibat gempa ini, pemerintah daerah memutuskan untuk membuatkan tenda darurat pengungsian, untuk pada korban gempa.

Sementara itu, data dari pos pengamatan Gunung Lamongan, kegempaan sesar tertonik masih terjadi. Namun kegempaan itu tidak diikuti oleh perubahan visual dan gejala vulkanik. Sehingga status Gunung Lemongan masih bertahan di level satu, yakni normal. (yos)

Berita Terkait


BPBD Lumajang Mulai Dirikan Tenda Pengungsian

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber