Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Kesehatan 

Bayi kembar siam ke-99 asal Kendari, Aqila-Azila akhirnya diperbolehkan pulang ke daerah asalnya. Melihat kondisi keduanya terus stabil dan menunjukkan peningkatan, termasuk berat badan yang sudah mencapai 11,5 kilogram. Foto Tika
Bayi Kembar Siam Asal Kendari Akhirnya Pulang
Jum'at, 15-11-2019 | 10:42 wib
Oleh : Atiqoh Hasan
Surabaya pojokpitu.com, Bayi kembar siam thoracoabdominophagus, dempet dada dan perut, Aqila-Azila Jumat (15/11) pagi diperbolehkan pulang ke Kendari. Sebelumnya Aqila-Azila menjalani operasi pemisahan pada 14 Agustus lalu, dan menjalani perawatan selama 3 bulan.

Kondisi keduanya pun berangsur stabil. Baik Aqila maupun Azila, yang sebelumnya memiliki luka pada bagian dada lebih lebar, mengakibatkan harus menjalani operasi kedua.

Saat ini, Aqila bahkan sudah bisa berdiri meskipun dari segi kemampuan berbahasa masih kurang. Sedangkan Azila tak jauh berbeda. Namun karena memiliki kelainan pada saluran pencernaan, tim dokter memberikan perhatian khusus. Azila harus diusahakan untuk buang air besar setiap hari, agar tidak mengalami makro kolon, atau pembesaran pada usus besar. Ibunya pun dilatih untuk bisa merawat Azila saat buang air besar karena memerlukan teknik tertentu.

Menurut Joni Wahyuhadi, Direktur Utama RSUD dr Soetomo, karena kondisi dinilai terus membaik itulah, Pemerintah Provinsi Jawa Timur akhirnya menyerahkan bayi Aqila-Azila pada Pemerintah Kota Kendari. Agar tetap dalam pemantauan tim medis. Begitu pula tim dokter kembar siam RSUD dr Soetomo tetap memantau perkembangan keduanya.

"Tim dokter kembar siam meminta agar perawatan Azila lebih hati-hati. Terlebih pada bagian dada yang tidak boleh mendapatkan tekanan. Sehingga tidak sembarang orang boleh menggendong," kata Joni Wahyuhadi.

Tim dokter akan terus memantau perkembangan bayi Aqila-Azila yang kini berusia 19 bulan, sampai nanti berusia 18 tahun. (pul/vd:yan)

Berita Terkait


Bayi Kembar Siam Asal Kendari Akhirnya Pulang

Alhamdulillah, 3 Bayi Kembar Lahir di RSU Aisyiyah Ponorogo dengan Selamat

Kepulangan Bayi Kembar Siam Tunggu Aqila Sehat

Gubernur Khofifah Jenguk Bayi Kembar Siam Asal Kendari


Bayi Kembar Siam Asal Kendari Dirujuk ke RSUD Rsud Dr Soetomo

93 Kasus Bayi Kembar Siam Dibukukan

Bayi Kembar Tiga Dipulangkan Setelah Dirawat 3 Minggu

Sungguh Sedih Warga Miskin Ini, Bayi Kembarnya Meningal Dunia Usai Terlahir Caecar

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber