Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Serunya Tradisi Unik Kampung Kerbau di Ngawi
Jum'at, 15-11-2019 | 04:14 wib
Oleh : Herpin Pranoto
Ngawi pojokpitu.com, Masyarakat kampung kerbau di Kecamatan Widodaren Kabupaten Ngawi, masih melestarikan tradisi gumbregan maheso. Dalam tradisi unik ini, ratusan kerbau milik warga setempat, diarak keliling desa dan dimandikan. Selain itu, juga ada pertunjukan kesenian khas warga pedesaan.

Tradisi gumbregan maheso digelar di Desa Banyubiru, Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi. Banyak pengunjung datang untuk  melihat ratusan kerbau yang diarak oleh warga keliling kampung. 

Sekitar  700 ekor kerbau milik warga setempat,  dikumpulkan di pinggiran hutan jati milik perhutani, sebagai salah satu lokasi penggembalaan.  

Dalam tradisi ini juga menampilkan berbagai kesenian khas warga pedesaan , mulai dari tari kontemporer hingga musik lesung. Sebelum dimandikan, dilakukan ritual unik untuk meminta kepada tuhan yang maha esa selalu memberikan kesehatan terhadap kerbau milik warga. 

Tradisi gumbregan maheso yang di gelar oleh warga Desa Bayubiru, menyita perhatian banyak pengunjung, baik dari Ngawi hingga luar daerah.

Oni Anwar, Wakil Bupati Ngawi, menjelaskan, tradisi selamatan kerbau ini awalnya digelar warga setempat, khususnya para peternak, secara terpisah.  "Melihat keunikan kampung kerbau, pemkab ngawi mendukung warga setempat, menggelar tradisi untuk pelestarian budaya," kata Oni Anwar. 

Setelah dimandikan di sungai setempat, ratusan kerbau dikandangkan, oleh para gembala. 

Bagi warga setempat, kerbau merupakan simbol kesejahteraan,  sebagai rojo koyo atau harta dalam wujud ternak. Kerbau warga Desa Banyu Biru, tak hanya dijual untuk kebutuhan warga Jawa Timur tetapi juga dijual hingga Jawa Tengah. (yos)

Berita Terkait


Serunya Tradisi Unik Kampung Kerbau di Ngawi


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber