Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Rugikan Negara Ratusan Juta Rupiah, Bea Cukai Musnahkan Ribuan Barang Ilegal
Kamis, 14-11-2019 | 16:06 wib
Oleh : Felli Kosasi
Jember pojokpitu.com, Kantor Bea Cukai Jember, Kamis siang, memusnahkan barang sitaan di halaman kantor di Jalan Kalimantan. Ribuan barang sitaan tersebut terbukti melanggar Undang - Undang nomor 10 tahun 1995 juncto Undang - Undang no 17 tahun 2007 tentang cukai .

Pemusnahan barang sitaan dilakukan di halaman depan Kantor Bea dan Cukai Kabupaten Jember, Kamis siang. Barang sitaan berupa rokok ilegal, baik filter dan juga kretek serta berbagai barang lain, seperti sex toys, obat - obatan dan kosmetik .

Untuk barang sitaan jenis rokok sejumlah 2 juta lebih batang rokok senilai Rp 1 milyar lebih, sedangkan untuk barang lain seperti sex toys, kosmetik dan obat - obatan tersita 628 jenis dengan nilai Rp 6 juta lebih.

Seluruh barang bukti tersebut didapatkan aparat Bea Cukai selama 2019 melalui sejumlah 58 penindakan, dari berbagai modus seperti via ekspedisi, penjualan tanpa pita cukai, pengiriman tanpa pita cukai dan penjualan tanpa memiliki izin NPPBKC.

"Dari jumlah penindakan tersebut, untuk tahun 2019 ini naik sekitar 84 persen daripada tahun 2018 yang lalu. Dengan pemusnahan ini, diharapkan bisa berdampak signifikan terhadap penurunan peredaran rokok ilegal, terutama di wilayah Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Jember," Tubagus Firman Hermansyah, Kepala KPPBC Madya Pabean C Jember.

Sementara itu, Kabid Penindakan dan Penyidikan Kantor Bea Cukai Jatim, Souvenir Yusianto menyatakan bahwa ada beberapa titik rawan penyebaran rokok tanpa cukai wilayah Jatim, antara lain wilayah Malang dan Madura yang paling rawan.

"Namun dengan adanya kenaikan pita cukai sebesar 23 persen dikhawatirkan penyebaran rokok tanpa cukai akan semakin meningkat jika tidak dibarengi penindakan yang masif," kata Souvenir Yustianto, Kabid Penindakan dan Penyidikan Kantor DJBC Jatim.

Seluruh barang sitaan yang dimusnahkan tersebut, berpotensi merugikan negara sebesar Rp 900 juta lebih.(end)

Berita Terkait


Polisi Serahkan Motor Barang Bukti ke Pemilik Kendaraan

Kantor Bea dan Cukai Pasuruan Musnahkan Barang Ilegal dengan Kerugian Milyaran Rupiah

Rugikan Negara Ratusan Juta Rupiah, Bea Cukai Musnahkan Ribuan Barang Ilegal

Gebyar Expo dan Penyerahan Barang Bukti Pencurian Kendaraan


PT. Amoba Ada Upaya Penghilangan Barang Bukti

Gebyar Expo dan Penyerahan Barang Bukti Pencurian Kendaraan

Polres Malang Kembalikan Barang Bukti Ranmor

Kapolres Trenggalek Serahkan Motor dan Truk Pada Gebyar Expo Pengembalian Barang Bukti

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber