Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Malang Raya 

GMBI Desak Perhutani Bangun Rest Area di Jalur Lintas Selatan
Rabu, 13-11-2019 | 16:08 wib
Oleh : Ali Makhrus
Malang pojokpitu.com, Puluhan massa memenuhi halaman depan kantor Perum Perhutani KPH Malang, Rabu (13/11) pagi. Mereka menuntut Perum Perhutani, agar segera melakukan pembangunan rest area di jalur lintas selatan.

Massa yang menamakan dirinya Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia Malang itu, membawa truk dan sound system. Mereka menggelar aksi dengan penjagaan ketat dari aparat kepolisian.

Dalam orasinya menyampaikan sejumlah tuntutan. Diantaranya meminta untuk segera membangun rest area di wilayah jalur lintas selatan, dan menindak bangunan liar tak berizin di kawasan hutan lindung. Menurut Ketua GMBI Malang, Didik S, terdapat 100 lebih bangunan liar di kawasan hutan lindung yang harus ditertibkan.

Sementara itu, Admitustratur Perhutani Malang, Hengki Herawanto menjelaskan, terkait pembangunan rest area, Perhutani Malang sangat mendukungnya. Namun harus dengan mekanisme yang benar, yakni mekanisme kerjasama dengan pemerintah daerah setempat.

Pasalnya, pembangunan rest area bukan menjadi kewenangan perhutani. namun hanya type penggunaan kawasan hutan. Sementara, izin diterbitkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. "Hingga kini kami belum mendapatkan usulan dan izin penggunaan kawasan terkait pembangunan rest area dari Pemkab Malang," kata Hengki.

Sementara untuk bangunan liar, Perum Perhutani sudah melakukan pandataan dan membuat kesepakatan. Bahwa tanah yang ditempati merupakan kawasan milik Perhutani dan siap dipindah sewaktu-waktu. (pul)

Berita Terkait


GMBI Desak Perhutani Bangun Rest Area di Jalur Lintas Selatan

Jelang Arus Mudik Astra Tol Resmikan Dua Rest Area

Lolos Dari Macet, Mobil Pemudik Serbu Rest Area Ngawi

Pemudik Bermalam dan Sahur di Rest Area


Wakapolri Sidak Rest Area Jalur Tol Surabaya - Mojokerto

Jokowi Cicipi Makanan Khas Jatim di Rest Area KM 597

Puncak Arak-Arak, Rest Area Sajikan Pemandangan Alam dan Laut

Lolos Dari Macet, Mobil Pemudik Serbu Rest Area Ngawi

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber