Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Polemik Salam Beda Agama, Wamenag Menyerahkan Pada Ulama dan MUI Pusat
Selasa, 12-11-2019 | 18:06 wib
Oleh : Saiful Mualimin
Jombang pojokpitu.com, Wakil Menteri Agama Republik Indonesia, menyerahkan polemik himbauan umat islam dan para pemangku kebijakan untuk menghindari pengucapan salam dari agama lain ke ulama dan MUI pusat. Tokoh agama dan komisi fatwa diminta melakukan kajian dan menelaah untuk menghasilkan pemahaman yang sama.

Pernyataan ini disampaikan oleh Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi, saat menghadiri  acara silaturrahim dengan alim ulama di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang. 

Wamenag hadir dalam pertemuan menggantikan Menteri Agama yang batal  datang karena ada kegiatan rapat di Jakarta. Menurut Zainut Tauhid Saadi, para tokoh agama harus memahami konteks dari imbauan MUI Jawa Timur tersebut. Sehingga tidak perlu mempermasalahkan. Para tokoh agama diharapkan bisa berkumpul untuk membahas persoalan tersebut sehingga tidak terjadi  kesalahfahaman.

"Selain meminta tokoh masyarakat  untuk melakukan kajian MUI pusat, dalam hal ini komisi fatwa saat ini juga sedang melakukan kajian dan menelaahnya. Pasalnya larangan yang disampaikan oleh MUI Jatim ini sifatnya himbauan bukan fatwa," kata Zainut Tauhid.

Sementara KH Salahudin Wahid, Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, menyerahkan hal ini pada masing masing  tokoh dan pejabat yang bersangkutan.  
"Mereka boleh mengikuti maupun   tidak mengikuti himbauan yang dikeluarkan MUI Jatim, yang terpenting himbuan MUI ini tidak diperdebatkan yang bisa  pemicu perpecahan," kata Gus Sholah.

Sebelumnya Majelis Ulama Indonesia Jawa Timur Mengimbau umat islam dan para pemangku kebijakan atau pejabat untuk menghindari pengucapan salam dari agama lain saat membuka acara resmi.  

Imbauan tersebut termaktub dalam surat edaran bernomor 110/MUI/JTM/2019 yang ditandatangani oleh Ketua MUI Jatim KH. Abdusshomad Buchori dan Sekretaris Umum Ainul Yaqin. (yos)



Berita Terkait


Polemik Salam Beda Agama, Wamenag Menyerahkan Pada Ulama dan MUI Pusat


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber