Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Blokir Dibuka, Pupuk Bersubsidi Mulai Didistribusikan ke Ribuan Petani Tanggung Gunung
Selasa, 12-11-2019 | 17:38 wib
Oleh : Agus Bondan
Tulungagung pojokpitu.com, Keresahan ribuan petani jagung di Tanggung Gunung, Tulungagung, yang jatah pupuknya sempat diblokir kementrian pertanian, berakhir. Saat ini blokir pupuk bersubsidi di kecamatan tersebut telah dibuka dan distribusi mulai dilakukan.

Sebanyak 6 ribu lebih petani jagung, di wilayah Kecamatan Tanggunggunung, Tulungagung, akhirnya bisa bernapas lega. Pemblokiran pupuk bersubsidi oleh Kementrian Pertanian, yang terjadi sejak bulan Juni lalu saat ini sudah dibuka kembali.

Pasca pembukaan blokir tersebut, ribuan ton pupuk bersubsidi mulai didistribusikan ke sejumlah kelompok tani di tanggunggunung. Kepala Dinas Pertanian Tulungagung, Suprapti, mengatakan, untuk membuka blokir tersebut pihaknya telah melakukan berbagai upaya, mulai dari menyurati kementrian pertanian, hingga melakukan verifikasi lahan bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN). "Selain itu, Dinas Pertanian Juga berkoordinasi langsung dengan Kementrian Pertanian serta Pemerintah Propinsi Jawa Timur," kata Suprapti.

Suprapti berharap, dengan telah didistribusikannya pupuk ini, para petani bisa segera melakukan aktifitas berladang seperti biasa. "Mengingat pembukaan blokir pupuk saat ini, bersamaan dengan menjelang datangnya musim hujan atau persiapan masa tanam jagung," imbuhnya.

Sementara itu, akibat pemblokiran sejak Juni lalu tersebut,  sejumlah petani mengaku sempat membeli pupuk non subsidi dengan harga yang lebih mahal. 

Kebiasaan petani Tanggunggunung, di bulan Agustus mereka sudah mulai mempersiapkan lahan tanam jagung, termasuk menyiapkan pupuk. 

Namun karena hingga pertengahan November ini hujan belum juga turun, masa tanam juga ikut mundur.

Sebelumnya, sejak juni lalu distribusi pupuk bersubsidi ke tanggunggunung diblokir. Hal terjadi karena kesalahan data persawahan seluas 375 hektar. 

Sedangkan 90 persenatau sekitar 8 ribu hektar lahan yang dimanfaatkan warga, adalah lahan milik perhutani. Kapasitas produksi jagung jagung di Tanggunggunung, merupakan sepertiga dari total produksi jagung Tulungagung. (yos)

Berita Terkait


Hadapi Musim Tanam, Produsen Siapkan 4 Kali Lipat Pupuk Bersubsidi

Blokir Dibuka, Pupuk Bersubsidi Mulai Didistribusikan ke Ribuan Petani Tanggung Gunung

Manfaatkan Kotoran Kambing dan Bonggol Pisang untuk Pupuk

Petrokimia Siapkan Pupuk Bersubsidi 4 Kali Lipat Dari Ketentuan


Lansia Sadar Lingkungan, Manfaatkan Sampah Jadi Pupuk Cair Siap Pakai

Muat 1.100 Ton Pupuk, KM Tirta Amerta Tenggelam

Truk Gandeng Bermuatan Pupuk Terguling

Suap Distribusi Pupuk, KPK Periksa Tiga Tersangka

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber