Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Luas Keseluruhan Kebakaran Hutan Ijen Mencapai 970 Hektare
Selasa, 12-11-2019 | 13:00 wib
Oleh : Rizqi Setiawan
Berita Video : Luas Keseluruhan Kebakaran Hutan Ijen Mencapai 970 Hektare
Bondowoso pojokpitu.com, Balai Konservasi Sumber Daya Alam, BKSDA wilayah 3 Jember, merilis kebakaran hutan di wilayah pegunungan ijen beberapa waktu lalu titik api berasal dari Bondowoso. Api yang terus merambat mengakibatkan 970 hektare hutan rusak terbakar hingga Banyuwangi.

Kejadian bulan Oktober lalu. Sejumlah titik di Pegunungan Ijen mengalami kebakaran hebat sulit dipadamkan. Kebakaran hutan mencapai 970 hektare, meliputi wilayah Bondowoso, Taman Wisata Kawah Ijen, hingga Gunung Ranti Banyuwangi.

Menurut Setyo Utomo, Kepala BKSDA Wilayah 3 Jember saat konferensi pers di Mapolres Bondowoso, titik api berawal dari kabupaten Bondowoso. Namun karena angin begitu kencang, api terus merambat ke wilayah lain yang saat itu kondisinya sudah sangat kering.

Diberitakan sebelumnya, Satreskrim Polres Bondowoso telah menangkap 2 tersangka penyebab Karhutla Gunung Ijen. Mereka atas nama Mumammad Zaman dan Mudenan, warga Kecamatan Ijen Kabupaten Bondwoso. Berdasarkan hasil penyidikan, kedua tersangka tersebut mengawali membakar hutan dari wilayah Perhutani Petak 86, 87, dan 101, KPH Bondowoso.

Saat ini BKSDA masih melakukan pemeliharaan pasca kebakaran. Petugas mengimbau warga agar tidak sembarangan membuat api saat kemarau, sebab jika merambat tidak bisa segera dipadamkan. Api akan merusak tempat Wisata Internasional Kawah Ijen serta sangat membahayakan bagi wisatawan. (pul/vd:yan)

Berita Terkait


Luas Keseluruhan Kebakaran Hutan Ijen Mencapai 970 Hektare

Polisi Tangkap 2 Tersangka Pembakar Hutan Gunung Ijen


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber