Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Empat Tersangka Transaksi Fiktif Tokopedia, Ajukan Surat Penangguhan Penahanan
Jum'at, 08-11-2019 | 12:43 wib
Oleh : Yusmana Windarto
Surabaya pojokpitu.com, Diduga menjadi korban pemerasan penyidik Ditreskrimsus Polda Jatim, 4 tersangka kasus pelanggaran undang-undang informasi dan transaksi elektronik atau ITE, akhirnya mengajukan permohonan penangguhan penahanan. Surat penangguhan itu diberikan kuasa hukum kepada penyidik dengan alasan agar para tersangka dapat melanjutkan pendidikan.

Empat tersangka dalam kasus pelanggaran undang-undang iinformasi transaksi dan elektronik atau ITE, yang memanfaatkan program cashback aplikasi tokopedia, akhirnya mengajukan surat penangguhan penahanan melalui kuasa hukumnya, Imam Asmara.

Para tersangka ini yaitu Michael Chandra, Max Vissel Tedjakusuma, Kenno Kent dan Hansei Buddie Soepriyanto, ditahan karena mengambil keuntungan melalui transaksi fiktif antar pelaku untuk mendapat cashback atau poin yang selanjutnya ditukar uang.

Surat penangguhan penahannan ini diajukan sesuai permintaan secara lisan dari para tersangka. Alasannya adalah agar salah satu tersangka dapat melanjutkan pendidikan mereka dan sekaligus atas dasar kemanusiaan.

Mengenai dugaan pemerasaan yang dilakukan dua penyidik ditreskrimsus polda jatim, pihak kuasa hukum telah menyampaikan kasus itu ke subdit provos dan pengamanan dan sedang didalami.

Menanggapi hal itu, Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera, mengatakan, bahwa penangguhan penahanan adalah hak semua warga Indonesia. 

"Selain itu, salah satu alasan yang memungkinkan seseorang untuk mengajukan penangguhan penahanan ke kepolisian adalah memiliki penjamin," kata Kombespol Frans Barung Mangera.

Seperti diberitakan sebelumnya, Polda Jatim telah menetapkan beberapa tersangka kasus pemanfaatan program cashback di aplikasi belanja tokopedia. 

Para tersangka menggunakan modus transaksi fiktif antar pelaku untuk mendapat cashback atau poin, yang bisa ditukar dengan uang. (yos)

Berita Terkait


Empat Tersangka Transaksi Fiktif Tokopedia, Ajukan Surat Penangguhan Penahanan

Transaksi Fiktif Emas Palsu, Dua Perempuan Penjaga Toko Divonis Satu Tahun 6 Bulan


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber