Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Warga Alami Krisis Air, Siswa SMA di Tulungagung Salurkan Bantuan Air Bersih
Kamis, 07-11-2019 | 06:17 wib
Oleh : Agus Bondan
Tulungagung pojokpitu.com, Meringankan beban warga yang terdampak krisis air, siswa salah satu SMA di Tulungagung, menyalurkan bantuan air bersih. Untuk operasional penyaluran bantuan air bersih ini, berasal dari uang patungan para siswa dan guru sekolah. Kegiatan sosial para pelajar inipun, disambut gembira oleh warga penerima bantuan.

Dengan masih mengenakan seragam putih abu-abu, sejumlah siswa SMA Negeri Kalidawir, Tulungagung ini, menyalurkan bantuan air bersih ke Desa Demuk, Kecamatan Pucanglaban. Bersama sejumlah guru pendamping, mereka mendistribusikan air ke bak dan jerigen wadah air, yang telah berderet diantrikan warga.

Menurut pihak sekolah, inisiatif penyaluran bantuan air bersih ini, berawal dari keprihatinan sejumlah guru, yang mengetahui sejumlah siswa menumpang mandi di sekolah, karena lingkungannya mengalami krisis air.

Dalam kegiatan yang telah berjalan tiga hari ini, rata-rata mereka menyalurkan bantuan sebanyak 16.500 liter per hari. "Biaya penyaluran air bersih tersebut, berasal dari patungan siswa dan guru. Siswa diminta iuran sukarela minimal Rp 2 ribu, sedangkan guru Rp 20 ribu. Hasilnya, dalam dua hari terkumpul dana sekitar 2.500.000, dan bila masih diperlukan penggalangan dana akan terus dilakukan," kata Fazza Aulia Ulfa Dilla, siswa SMAN 1 Kalidawir.

Salah seorang warga Dusun Rowoagung, Desa Demuk, mengaku senang dengan adanya bantuan air bersih ini. Warga mengaku, krisis air di dusun mereka terjadi sejak tiga bulan terakhir. Selama itu, untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari, warga terpaksa harus membeli.

Rencananya, penyaluran bantuan air bersih ini akan terus dilakukan, hingga musim penghujan tiba. Untuk pendistribusian tersebut, pihak sekolah bekerja sama dengan warga, karena biayanya dinilai lebih murah. Untuk satu kali pengiriman air sebanyak 5.500 liter air, dipatok sebesar Rp 150 ribu hingga Rp 200 ribu, tergantung jarak ke lokasi pengiriman.(end)

Berita Terkait


Warga Alami Krisis Air, Siswa SMA di Tulungagung Salurkan Bantuan Air Bersih


Meski Anggaran Besar, BPBD Sampang Belum Memaksimalkan Bantuan Air Bersih

Dua Bulan Kekeringan, Bantuan Air Bersih Diserbu Warga

Selama Kekeringan Bantuan Air Bersih Mulai Menyerbu Warga

Antisipasi Bencana Kekeringan, Gubernur Salurkan Bantuan Air Bersih

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber