Berita Terbaru :
Enam Sekolah SMKN di Lamongan Tak Penuhi Pagu
Sekda Gerah Usut Kutu di Program BPNT
DPRD Jatim Dorong Tambahan Insentif Nakes
   

Bursa Inovasi Desa Guna Maksimalkan Penggunaan Dana Desa
Teknologi  Rabu, 06-11-2019 | 20:17 wib
Reporter : Avrizal Ilmi
Melalui bursa inovasi desa diharapkan bisa meningkatkan kualitas penggunaan dana desa yang sebelumnya digunakan kegiatan pembangunan, dirubah dengan kegiatan inovatif. Foto Avrizal Ilmi
Bojonegoro pojokpitu.com, Guna memaksimalkan penggunaan dana desa di Kabupaten Bojonegoro, digelar bursa inovasi desa sebagai wahana pertukaran program pembangunan menuju percepatan desa mandiri.

Pada cluster dua peserta bursa inovasi desa meliputi Kecamatan Malo, Trucuk, Kasiman dan Kecamatan Kasiman diarahkan pada ruang konsultasi inovasi yang terdapat tiga bidang. Yakni bidang infrastruktur, bidang sumber daya manusia, dan bidang peningatan ekonomi lokal.

Pada masing-masing tersebut, peserta melakukan konsultasi terkait perencanaan kegiatan inovasi dengan mengisi kartu komitmen.

Kartu tersebut sebagai upaya komitmen untuk melaksanakan pengembangan inovasi pada masing-masing desa dengan ditanda tangani oleh kepala desa dan BPD, sebagai langkah awal untuk mengawal kartu komitmen ke musyawarah desa, dan ditetapkan anggaran APBDES 2020.

Menurut M Fathkur Rochman, TA P3MD Kabupaten Bojonegoro, bursa inovasi desa merupakan merupakan media proses untuk pertukaran informasi. Untuk mereplikasi kegatan inovasi untuk dianggarkan APBDES tahun 2020 mendatang.

Kegiatan ini merupakan ajang kreasi semua desa untuk bersama-sama meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam mengembangkan pembangunan desa, serta sebagai mengawal dana desa yang masih belum terarah. "Sehingga dengan kegiatan ini diharapkan ada gambaran bagaimana pembangunan desa sesusai yang diharapkan masyarakat," kata M Fathkur Rochman.

Melalui bursa inovasi desa, dapat mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa, dengan memberikan banyak referensi dan inovasi-inovasi pembangunan desa. Diharapkan mampu memantik kreativitas desa dalam mengoptimalkan berbagai potensi yang dimiliki pada masing-masing desa. (pul)

Berita Terkait

Bhabinkamtibmas Diharapkan Ikut Awasi Penggunaan DD Untuk Penanganan Covid

Terjerat Kasus Korupsi Dana Desa Kades Ditahan

Pemkab Tulungagung Alokasikan Dana Desa Rp 59 Miliar Bagi Warga Terdampak Covid-19

Pemkab Madiun Sarankan Dana Desa Support Penanganan Covid 19
Berita Terpopuler
DPRD Jatim Dorong Tambahan Insentif Nakes
Politik  3 jam

Enam Sekolah SMKN di Lamongan Tak Penuhi Pagu
Pendidikan  54 menit



Cuplikan Berita
Ratusan Orangtua Protes PPDB SMP Zonasi
Pojok Pitu

Audiensi Dengan IDI, Risma Nangis dan Bersujud
Pojok Pitu

Di Palau Ini Dihasilkan Kepiting Jumbo dan Rumput Laut Berkuwalitas
Jatim Awan

Wisata Bahari Snorkling Pulau Gili Ketapang Siap Dibuka Dengan Protokol Kesehata...selanjutnya
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber