Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Teknologi 

Melalui bursa inovasi desa diharapkan bisa meningkatkan kualitas penggunaan dana desa yang sebelumnya digunakan kegiatan pembangunan, dirubah dengan kegiatan inovatif. Foto Avrizal Ilmi
Bursa Inovasi Desa Guna Maksimalkan Penggunaan Dana Desa
Rabu, 06-11-2019 | 20:17 wib
Oleh : Avrizal Ilmi
Bojonegoro pojokpitu.com, Guna memaksimalkan penggunaan dana desa di Kabupaten Bojonegoro, digelar bursa inovasi desa sebagai wahana pertukaran program pembangunan menuju percepatan desa mandiri.

Pada cluster dua peserta bursa inovasi desa meliputi Kecamatan Malo, Trucuk, Kasiman dan Kecamatan Kasiman diarahkan pada ruang konsultasi inovasi yang terdapat tiga bidang. Yakni bidang infrastruktur, bidang sumber daya manusia, dan bidang peningatan ekonomi lokal.

Pada masing-masing tersebut, peserta melakukan konsultasi terkait perencanaan kegiatan inovasi dengan mengisi kartu komitmen.

Kartu tersebut sebagai upaya komitmen untuk melaksanakan pengembangan inovasi pada masing-masing desa dengan ditanda tangani oleh kepala desa dan BPD, sebagai langkah awal untuk mengawal kartu komitmen ke musyawarah desa, dan ditetapkan anggaran APBDES 2020.

Menurut M Fathkur Rochman, TA P3MD Kabupaten Bojonegoro, bursa inovasi desa merupakan merupakan media proses untuk pertukaran informasi. Untuk mereplikasi kegatan inovasi untuk dianggarkan APBDES tahun 2020 mendatang.

Kegiatan ini merupakan ajang kreasi semua desa untuk bersama-sama meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam mengembangkan pembangunan desa, serta sebagai mengawal dana desa yang masih belum terarah. "Sehingga dengan kegiatan ini diharapkan ada gambaran bagaimana pembangunan desa sesusai yang diharapkan masyarakat," kata M Fathkur Rochman.

Melalui bursa inovasi desa, dapat mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa, dengan memberikan banyak referensi dan inovasi-inovasi pembangunan desa. Diharapkan mampu memantik kreativitas desa dalam mengoptimalkan berbagai potensi yang dimiliki pada masing-masing desa. (pul)

Berita Terkait


Menantu Curi Uang Dana Desa Mertua Ratusan Juta

Awasi Dana Desa dan Dana Transfer, Badan Anggaran Turun ke Jatim

Puluhan Pemdes Belum Cairkan Dana Desa Termin Ketiga

Wabup Himbau Seluruh Kades Bijak Merencanakan Anggaran Dana Desa


Bursa Inovasi Desa Guna Maksimalkan Penggunaan Dana Desa

Manipulasi Laporan Proyek Dana Desa, Oknum Kades di Jombang Ditahan

Diduga Selewengkan Dana Desa, Warga Laporkan Kades ke Kejaksaan

JPKP Bakal Soroti Soal Agraria dan Bantuan Dana Desa
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber